Ahmad Ridwan. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
Ahmad Ridwan. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
Ahmad Ridwan. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Sedikitnya 4.000 kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) asal Jateng akan ikut memerahkan Pulau Dewata, Bali untuk meramaikan Kongres IV PDIP yang akan digelar 9-12 April mendatang. Jumlah tersebut berasal dari kader DPC-DPC PDIP se-Jateng.

Wakil Sekretaris DPD PDIP Jateng Ahmad Ridwan mengatakan antusiasme kader dan simpatisan untuk menghadiri Kongres di Sanur, Bali sangat tinggi. Menurutnya angka 4.000 itu adalah data pekan kemarin dari masing-masing DPC se-Jateng. Mereka akan berangkat ke Bali dengan naik bus berombongan. ”Namun jumlah itu sangat mungkin akan bertambah, karena juga ada yang berencana naik mobil pribadi,” katanya.

Anggota Komisi C DPRD Jateng itu menambahkan gelombang massa PDIP Jateng sudah mulai berangkat ke Bali tanggal 3 April lalu. Dan puncaknya adalah pada tanggal 7 dan 8 April. Pengerahan massa secara besar-besaran ini merupakan panggilan jiwa untuk melakukan konsolidasi secara nasional. Meski demikian, ia menyatakan tidak ada persiapan khusus untuk memeriahkan Kongres IV PDIP. ”Selain menggunakan bus dan mobil pribadi, juga banyak yang menggunakan pesawat,” katanya.

Dia mengatakan, selain pengurus DPD, pengurus DPC se-Jateng, juga hadir seluruh anggota Fraksi PDIP DPRD kota/kabupaten dan provinsi se-Jateng. ”Acara pembukaan berlangsung Kamis (9/4). Namun pada Rabu (8/4) malam, rencananya sudah ada acara,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto mengatakan, agenda pada Kongres IV ini, PDIP Jateng akan mendukung Megawati sebagai Ketua Umum partai lagi. Keputusan DPD PDIP Jateng juga berdasarkan aspirasi dari bawah dan diputuskan dalam Konfercab dan Konferda. Apalagi, DPD dan DPC se-Indonesia juga sudah mendukung Megawati. ”Sudah keniscayaan, Megawati kembali terpilih menjadi Ketua Umum,” tandasnya.

Meski berdasarkan hasil survei dari pihak luar dukungan terhadap Megawati kalah dibandingkan calon Ketua Umum lainnya, menurutnya survei pihak luar berbeda dengan survei internal yang tetap menghendaki Megawati sebagai ketua umum partai.
Sementara itu, Panitia pelaksana Kongres IV PDIP I Wayan Koster saat jumpa pers di Hotel Grand Bali Beach Sanur, Senin (6/4) mengatakan hajatan tertinggi partai itu akan dihadiri sekitar 1.800 utusan peserta dan peninjau. Kegiatan itu menelan anggaran hingga Rp 7,35 miliar.

Dana sebesar itu bersumber dari anggaran yang digalang dari gotong-royong seluruh kader, termasuk petugas partai di legislatif dan eksekutif seperti yang duduk di DPR RI. ”Ada 12 hotel di sekitar Sanur untuk peserta Kongres sudah dibayar lunas,” katanya. (ric/ce1)