Unjuk Kebolehan di Cat Show

161
LUCU : Kucing persia yang mengikuti lomba di ajang Cat Show 2015 dipancing dengan kemoceng agar beraksi di hadapan juri. (PUPUT PUSPITSARI/RADAR KEDU)
LUCU : Kucing persia yang mengikuti lomba di ajang Cat Show 2015 dipancing dengan kemoceng agar beraksi di hadapan juri. (PUPUT PUSPITSARI/RADAR KEDU)
LUCU : Kucing persia yang mengikuti lomba di ajang Cat Show 2015 dipancing dengan kemoceng agar beraksi di hadapan juri. (PUPUT PUSPITSARI/RADAR KEDU)

MAGELANG –Ratusan kucing cantik tampil di Cat Show 2015 di atrium Artos Mall kemarin (5/4). Tingkah kucing-kucing itu begitu menggemaskan. Harganyapun, mencapai puluhan juta rupiah. Berbagai jenis kucing berkumpul menunjukkan kebolehan masing-masing.
Kendati sudah dipersiapkan sedemikian rupa, ada juga kucing yang ngambek. Kucing itu, justru malas-malasan ingin tiduran di lantai, sedangkan kucing yang lainnya sudah lari melewati rintangan yang dibuat panitia.

“Lucu sekali kucingnya, ada yang nggak mau jalan. Malah bobokan di lantai tadi, padahal baru dinilai,” kata Fani M.P, 25, warga Muntilan yang menyaksikan acara itu sambil tertawa kecil. Kegiatan tersebut dihelat Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kota Magelang bersama Magelang Belove Cat (MBC).

Salah satu perserta yang datang dari Boyolali mengaku antusias mengikuti kontes kucing. Dia menjagokan kucing-kucing peliharaan yang dibawanya. Ada persia peaknose long hair yang harganya sekitar Rp 6 jutaan, dan bengal yang harganya Rp 10 jutaan, karena keindahan bulunya menyerupai cita tapi berpostur tubuh lebih kecil.

“Persiapannya bawa perlengkapan kucing saja, seperti vitamin, tenda, sisir, whitening buat mata kucing, penghilang bulu kalau nempel di baju, dan kipas buat kucing biar nggak kepanasan. Makanan buat kucing juga dibawa,” kata Febri Aryadi, 21, yang sudah menyukai kucing sejak empat tahun lalu.

Sementara itu, Kepala Dispeterikan Kota Magelang, Sri Retno Murtiningsih, menuturkan, selain sebagai ajang kontes dan hiburan bagi masyarakat, even itu juga bisa dimanfaatkan breeder, produsen produk kucing, penyedia jasa (dokter) maupun konsumen bisa saling bersilaturahmi sambil bertukar informasi seputar kucing. Di sisi lain, even tersebut juga mendukung program Ayo ke Magelang 2015.

“Sebelum acara ini, tanggal 4 April kemarin ada seminar cat grooming lessons oleh Mr. Watt dari cattery Thailand di Gedung Kyai Sepanjang, jadi memang serangkaian,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam kontes kucing itu, memperebutkan trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Bentuk kegiatan dibagi tiga, disebutkan Retno, ada cat show meliputi kelas persian, exotic dan other breed; cat fun yang meliputi lomba makan, lomba lari dan lomba kucing terberat; serta kegiatan terakhir adalah vaksin bersubsidi.

“Kami ingin memberikan dan memperkenalkan persepsi positif bagi masyarakat umum terhadap kucing. Sebab, dengan memelihara kucing dengan benar, kucing itu tidak akan menyebabkan infeksi toksoplasma,” tandasnya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito yang membuka even itu menambahkan, Cat Show 2015 seperti itu perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. Multiplier effect bisa didapatkan dari kegiatan itu.

“Oleh-olehnya laris, kulinernya laris, ada juga yang bermalam di sini, sehingga mendukung juga Ayo ke Magelang 2015. Bukan saja mendatangkan wisatawan dari radius Magelang, tapi diseluruh Indonesia,” tambahnya. (put/lis)