Jadi Sumber Inspirasi dan Jujukan Sekolah dari Luar Jawa

213
JUARA: Kepala SMAN 1 Demak Siswandi menerima penghargaan sebagai juara 1 sekolah hijau tingkat Jateng, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JUARA: Kepala SMAN 1 Demak Siswandi menerima penghargaan sebagai juara 1 sekolah hijau tingkat Jateng, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JUARA: Kepala SMAN 1 Demak Siswandi menerima penghargaan sebagai juara 1 sekolah hijau tingkat Jateng, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

PRESTASI gemilang diraih SMAN 1 Demak. Sekolah tersebut berhasil memperoleh juara 1 sekolah hijau (green school) dan juara 2 sekolah sehat tingkat Jateng.

WAHIB PRIBADI, Demak

Saat ini SMAN 1 Demak sedang bersiap dinilai sebagai sekolah wiyata mandiri. Waka Kesiswaan, Setyo Nugroho mengungkapkan, SMAN 1 Demak bisa menjadi juara dan mendapatkan apresiasi dari tim penilai yang paling tinggi karena dianggap berhasil memantik partisipasi dan memberdayakan semua elemen sekolah. Utamanya dalam membenahi lingkungan sekolah.

Dengan prestasinya itu, kini SMAN 1 Demak juga telah menjadi pembina 22 sekolah, baik tingkat SD/MIN, SMP/MTs, SMA/MA di wilayah tersebut. Selain itu, SMAN 1 Demak juga meraih juara 3 dalam lomba karya ilmiah kategori Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat nasional akhir Desember 2014 lalu serta juara 2 karya tulis ilmiah tentang sumber daya air.

Tidak hanya sebatas itu, SMAN 1 Demak pernah menjadi finalis lomba karya ilmiah ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) dan akhir 2014 meraih juara 3 olimpiade biologi se-Jawa. Karena itu, dengan prestasinya itupula, SMAN 1 Demak kini menjadi sumber inspirasi bagi sekolah lain baik di wilayah Demak, Jateng maupun menjadi jujukan studi banding sekolah-sekolah di Indonesia. “Jadi, bermula dari pembiasaan akhirnya sekolah ini menjadi ikon sumber inspirasi bagi sekolah lain. Disekolah ini kita juga tanamkan kesantuan dan keramahan anak-anak sehingga meraih prestasi sudah menjadi tradisi,”katanya, kemarin.

Ia menambahkan, banyak sekolah dari luar Jawa yang menggali inspirasi dari SMAN 1 Demak. Belum lama ini, sekolah tersebut menerima kunjungan dari SMP dan SMA se-Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar). Kemudian, menerima studi banding dari sekolah SMA se-Kabupaten Blora, sekolah-sekolah se-Kabupaten Jepara dan lainnya. Bahkan, para siswa dari SMAN 1 Mentaya Hilir, Kalimantan Selatan (Kalsel) juga menjadikan SMAN 1 Demak sebagai home stay selama 2 Minggu untuk tempat belajar bersama. “Mereka belajar mengenai berbagai informasi terkait pembelajaran kurikulum 2013. Selain itu, mencoba mengenali bagaimana implementasi sistem mutu ISO 9001 yang diraih SMAN 1 Demak ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Demak, Siswandi mengatakan, karena SMAN 1 Demak menjadi yang terbaik, maka sudah selayaknya ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan yang bersifat kompetitif sehingga dapat menghasilkan input siswa maupun guru yang terbaik. “Di SMAN 1 Demak ini meraih prestasi sudah menjadi budaya atau kultur. Dalam istilah psikologi itu sudah menjadi kebutuhan sehari-hari di sekolah ini sehingga sekolah ini saya kira spesialis juara lomba,” katanya.

Banyak even lomba tingkat provinsi, nasional dan internasional yang sudah diikuti. Prestasi sekolah ini tidak lepas dari jerih payah bapak ibu guru yang dikomando Pak Setyo. “Dulu, Pak Setyo ini pernah menjadi murid saya di SMAN 2 Demak dan sekarang Pak Setyo yang mengantar saya untuk memajukan sekolah SMAN 1 Demak ini,”imbuhnya sembari tersenyum.

Siswandi menuturkan, di SMAN 1 Demak sampai sekarang pun kerap menjadi tempat pejabat mengajar. Belum lama ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sempat mengajar di sekolah dan Bupati Demak Dachirin Said menjadi pembina upacara. “Bapak gubernur dan bapak bupati menjadikan sekolah ini sebagai tempat mengajar,”ujar Siswandi yang sudah menjadi guru sejak 1989 ini.

Pria kelahiran Pekalongan 21 Maret ini sebelumnya menghabiskan waktunya untuk mengajar di SMAN 2 Demak. Setelah itu, diberikan amanat untuk menjabat sebagai kepala sekolah SMAN 1 Karangtengah antara 2007-2013. Setelah itu, menjadi kepala SMAN Mranggen serta Agustus 2014 menjabat kepala SMAN 1 Demak sampai sekarang. (*/fth)