Hari Ini, Abdul Hafidz Jadi Bupati Rembang

114

SEMARANG – Setelah melalui proses yang panjang dan tak kunjung mendapat kepastian, pelaksana tugas (Plt) Bupati Rembang Abdul Hafidz, hari ini Senin (6/4), akhirnya resmi dilantik menjadi Bupati Rembang definitif. Hafidz menggantikan Moch Salim yang sebelumnya terjerat perkara korupsi. Pelantikan sendiri rencananya dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kepala Biro Humas Setda Jateng Sinoeng NR saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, yang bersangkutan akan dilantik sekitar pukul 10.00 WIB di Gedung Gradika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah. ”Pelantikan ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam Pasal 164 ayat (1) dalam UU tersebut disebutkan bahwa pelantikan bupati dan wali kota dilaksanakan di ibu kota provinsi. Dalam hal ini yang menjadi tempatnya adalah Kota Semarang. Dikatakan, pelantikan ini baru kali pertama dilaksanakan di Jawa Tengah. ”Sebelum dilakukan pelantikan, hari ini (kemarin) telah dilakukan persiapan,” imbuh Sinoeng.

Seperti diketahui, proses menuju Rembang I bagi Abdul Hafidz ini tidak berjalan mulus. Setelah ditetapkan menjadi Bupati Rembang berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri, proses pelantikan kemudian diserahkan kepada DPRD Kabupaten Rembang. Namun saat dilakukan sidang paripurna, jumlah kuorum selalu tidak mencukupi. Banyak dari anggota dewan yang memilih untuk tidak hadir.

Kejadian tersebut tidak hanya terjadi kali. Sidang paripurna kedua dan ketiga juga bernasib sama. Hingga akhirnya membuat kecewa sebagian kalangan. Seperti yang dilakukan 45 kepala desa (kades) dari Kabupaten setempat yang sempat mendatangi Kantor DPRD Jawa Tengah, Kamis (15/1) lalu. Mereka menuntut agar pemerintah provinsi ikut membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. (fai/ric/ce1)