SEMARANG – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tahun ini menargetkan pertumbuhan penumpang 10-15 persen dibanding tahun lalu. Pembukaan rute baru dan penambahan armada menjadi salah satu pendukung dalam menggenjot target.

“Tahun lalu penumpang kami mencapai 22 juta, tahun ini setidaknya bisa menyentuh hingga 25juta,”ujar Senior Manager Service Quality Management Garuda Indonesia Region 3 Andyanto disela pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2015 di Mal Paragon, kemarin (3/4).

Beberapa rute baru yang dikembangkan di antaranya dari Medan ke Sabang, kemudian Ambon ke Tual, serta beberapa perpanjangan destinasi seperti Semarang – Surabaya – Lombok dan sebaliknya. Dengan target okupansi 80 persen, diharapkan rute-rute baru ini dapat mendongkrak pertumbuhan.

Selain itu, maskapai ini per minggunya memiliki sekitar 3500 frekuensi penerbangan. Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan memenuhi frekuensi, tahun ini garuda juga menambah beberapa armada baru dan memperbarui beberapa armada lama.“Tahun ini kami mendatangkan 6 pesawat berbadan lebar serta memperbarui beberapa armada lama. Sehingga ada regenerasi armada, dan umurnya di bawah 5 tahun,”ujarnya.

General Manager Branch Office Semarang PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, I Wayan Supatrayasa menambahkan, sesuai dengan komitmen Garuda untuk mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia, maka maskapai ini terus membuka rute-rute baru.
“Yang terpenting adalah akses dari dan menuju ke suatu lokasi. Tahun ini kita buka Semarang – Surabaya lanjut Lombok dan sebaliknya. Sehingga tak hanya yang dari Semarang bisa langsung ke Lombok, tapi kalau ada turis mancanegara yang di Lombok ingin ke Semarang juga bisa langsung,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, di GATF 2015 ini, pihaknya juga menggandeng Pemda Banyuwangi untuk turut mempromosikan kawasan wisata mereka. Harapannya strategi ini dapat ditiru oleh Pemda-pemda lainnya.“Mungkin di GATF berikutnya yang akan diadakan di kota lain, Semarang dan sekitarnya bisa ikut bergabung untuk mempromosikan wilayahnya,”tandasnya.(dna/zal)