Siswa SMK Ganesa Satria 4 Kenali Teknologi Blue Core Yamaha

345
UJI KEIRITAN: Kepala Sekolah SMK Ganesa Satria 4 Kedu, Anang Hariyarta (paling kanan) dalam workshop teknologi blue core Kamis (2/4) kemarin. (Issatul Haniah/radar kedu)
UJI KEIRITAN:  Kepala Sekolah SMK Ganesa Satria 4 Kedu, Anang Hariyarta (paling kanan) dalam workshop teknologi blue core Kamis (2/4) kemarin. (Issatul Haniah/radar kedu)
UJI KEIRITAN: Kepala Sekolah SMK Ganesa Satria 4 Kedu, Anang Hariyarta (paling kanan) dalam workshop teknologi blue core Kamis (2/4) kemarin. (Issatul Haniah/radar kedu)

TEMANGGUNG – Puluhan siswa jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Ganesa Satria 4 Kedu mengikuti workshop Teknologi Blue Core, Kamis (2/4). Kegiatan ini dilaksanakan bersama Yamaha dalam rangka mengedukasi siswa terhadap perkembangan teknologi kendaraan bermotor yang semakin mengalami kemajuan.

Kepala Sekolah SMK Ganesa Satria 4 Kedu, Anang Hariyarta mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali siswa kelas 3 supaya mereka dengan pengetahuan mengenai mesin kendaraan bermotor.

“Kami menggandeng Yamaha karena memang menurut kami Yamaha terbilang concern dengan dunia edukasi. Lewat kegiatan ini anak-anak sejak dari dini diajar mengenai struktur mesin oleh para mekanis sehingga dapat diaplikasikan ketika nanti lulus,” ungkap Anang.

Setidaknya 30 peserta dari bengkel-bengkel di Kabupaten Temanggung juga turut hadir dalam workshop ini. Begitu juga dengan beberapa alumni. Menurut Anang, antusias peserta terbilang tinggi sekali. Beberapa alumni bahkan menyayangkan karena kegiatan tersebut tidak dilaksanakan sejak dulu.

Mengingat minat anak begitu tinggi, dikatakan Anang ditahun mendatang juga akan dilaksanakan hal serupa. Ia juga berencana untuk bekerjasama dengan Yamaha dan membuka Jurusan Teknik Kelas Khusus Sepeda Motor Yamaha. “Nanti yang diajarkan ya khusus mengenai sepeda motor Yamaha,” ungkapnya.

Dengan kelas tersebut, siswa akan memiliki sertifikat setara mekanik 1. Sehingga ketika siswa lulus dan diterima di Yamaha, maka tidak perlu lagi mengikuti kelas training dan langsung menjadi mekanik.

Sejak berdiri tahun 2008, SMK Ganesa telah melahirkan para mekanik. Sebanyak 85 persen alumni terserap di beberapa perusahaan otomotif di beberapa kota besar se-Indonesia. Selain jurusan Teknik sepeda motor, SMK Ganesa Satria 4 Kedu juga memiliki Jurusan Teknik Audio-Video dan Teknik Kendaraan Ringan.

Sementara itu, Area Service Development (ASD) Kedu Yamaha, Arvian Wianggoro mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Yamaha terhadap pendidikan di Indonesia. Beberapa sekolah-sekolah dengan jurusan teknik sepeda motor telah banyak diajak kerjasama untuk mengembangkan kualitas SDM sebelum terjun ke dunia kerja.

“Memang kami menyadari bahwa SDM memegang peranan penting pada perusahaan otomotif seperti kami. Makanya kami mencari bibit unggul lewat kegiatan semacam ini. Yaitu dengan pembekalan berupa materi-materi seputar teknologi terkini kendaraan bermotor seperti Blue Core yang merupakan teknologi pemutakhiran dari beberapa teknologi motor Yamaha terdahulu hingga menciptakan kendaraan bermotor yang handal, bertenaga dan efisien,” tandasnya. (mg3/lis)