Harus Berwawasan Luas

717
DOK. PRIBADI
DOK. PRIBADI
DOK. PRIBADI

BERAWAL dari ketidaksengajaan, Maria Elgyptia Assegaf kini berkarir di salah satu stasiun televisi lokal sebagai presenter sekaligus reporter. Paksaan dari beberapa sahabatnya lah yang mengantarkan Maria bergelut dengan profesi yang kini sangat dicintainya itu. Selain karena ingin menambah pengalaman, sejak dulu ia memang menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan bidang jurnalistik.

”Awalnya tidak ada niat untuk ikut casting. Udah minder duluan, soalnya saya tidak memiliki pengalaman di bidang ini. Selain itu saya kurang percaya diri dengan suara saya yang kurang bulat atau cempreng ini, hahaha,” ungkap Maria sambil tertawa.

Bagi mahasiswi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Diponegoro (Undip) ini, latihan secara terus-menerus lah yang membuat ia bisa memperbaiki dirinya.

Ketika disinggung mengenai penampilan, Maria mengatakan tidak harus diperlukan wajah cantik untuk menjadi seseorang presenter. Wawasan luas justru menjadi hal terpenting. Karena wajah cantik bisa dibantu dengan adanya make up.

”Tidak harus cantik sih kalau menurutku, yang penting menarik, karena itu yang dibutuhkan televisi. Tapi kalau yang paling penting ya wawasannya. Soalnya, wajah cantik atau ganteng kalau tidak komunikatif kan juga percuma. Dan satu lagi, dibutuhkan mental kuat dan harus percaya diri, karena untuk tampil di depan kamera itu tidak se-simple yang dipikirkan,” jelas gadis berwajah cantik ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Berbagai pengalaman menarik dialami selama bergelut di bidang penyiaran. Salah satunya, ia pernah melakukan kesalahan saat membacakan satu berita yang hingga kini tak dapat ia lupakan.

”Jadi mungkin karena badan lagi capek ya, karena banyak tugas kuliah. Karena kurang konsentrasi juga mungkin. Saya jadi salah baca berita. Dan itu fatal banget. Tapi saya jadikan pengalaman saja sih hehe,” kenang gadis yang tinggal di Semarang Utara ini.

Maria mendapatkan suatu pelajaran bahwa seseorang tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari sebelum ia mencobanya. ”Jangan pernah meng-underestimate diri sendiri. Coba perbaiki diri dan terus raih tujuan,” pesannya. (mg23/aro/ce1)