BATANG–Sepekan lagi, sepanjang Jalan Raya Pantura dipastikan tidak lagi gelap gulita. Pasalnya, Rabu (1/4) siang kemarin, Bupati Batang, Yoyok Rio Sudibyo, mendapatkan hibah ratusan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) berupa lampu LED dari Asian Development Bank (ADB).

Bantuan tersebut, lantaran Pemkab Batang mendukung program nasional penghematan energi. Dengan memasang lampu LED selama tiga tahun, bisa menghemat energi listrik lebih dari 40 persen dari penggunaan sebelumnya. Bahkan tagihan biaya listrik setiap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) bisa hemat hingga 40 persen. Sehingga anggaran yang seharusnya untuk membiaya energi listrik, bisa dihemat untuk penggunaan lainnya.

Bupati Batang, Yoyok Rio Sudibyo, mengatakan komitmen dan terus melakukan langkah nyata efisiensi energi, terutama di sektor PJU. Kini, Pemkab Batang mengganti secara bertahap lampu PJU HPS dan Mercury ke lampu PJU LED.

“Hibah lampu PJU yang diterima Kabupaten Batang, akan dipasang di Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Sudirman, jalur utama pantai utara Jawa. Sehingga hibah ADB ini dapat dinikmati warga Kota Batang dan warga lainnya yang melintasi jalan tersebut,” kata Bupati Yoyok.

Sementara itu, Perwakilan ADB, Indonesian Residence Mission (IRM), Bagus Widianto menegaskan bahwa hibah lampu jalan LED tersebut, nantinya bukan hanya untuk mendukung program nasional dalam penghematan energi dari sisi penurunan konsumsi listrik. Sekaligus menjadi pilot project yang bisa direplikasi di Pemkot/Pemkab lainnya di Indonesia.

“Karena lampu LED tersebut dirancang dengan memperhatikan aspek dan syarat keselamatan, kenyamanan penglihatan pengguna jalan raya dan keamanan berdasarkan standar internasional. Sangat ramah lingkungan,” jelasnya. (thd/ida)