TEMBALANG – Lulusan Jurusan Kelautan dan Perikanan harus memiliki sertifikat profesi. Hal itu dianggap penting, pasalnya bakal digunakan sebagai salah satu pengakuan diri atas kompetensi dan keahlian masing-masing individu.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip), Fajar Basuki mengatakan, sumber daya manusia (SDM) Indonesia harus segera dipersiapkan untuk menghadapi kondisi seperti saat ini. Menurutnya, universitas sebagai satu institusi yang termasuk pencetak SDM bagi kelangsungan perekonomian dan kemajuan bangsa harus menyiapkan para lulusannya dengan membekali kompetensi yang tersertifikasi.

”Saat ini FPIK telah menggandeng banyak mitra untuk melangkah lebih maju menyiapkan para lulusannya. Kerja sama yang telah dibentuk antara lain FPIK menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) bagi masyarakat untuk mendapatkan sertifikasi di bidang, Aquakultur atau Budidaya Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan dan Pemanfaatan Sumber Daya Perairan,” ujarnya saat ditemui usai menyerahkan sertifikasi profesi kepada 41 orang mahasiswa lulusannya di bidang Budidaya Perikanan di Kampus Undip Tembalang, Senin (30/3).

Menurut Fajar pemberian sertifikasi merupakan salah satu tujuan betapa penting sertifikasi profesi dalam mengawal para lulusan agar tetap konsisten dan kompeten di bidangnya. Sehingga akan diakui keahliannya di dunia kerja. ”Ke depannya FPIK bukan hanya sekadar menjadi tempat uji kompetensi tetapi juga mampu membangun lembaga sertifikasi profesi sendiri yang nantinya akan mudah dalam memfasilitasi mahasiswa dan lulusannya dalam mendapatkan sertifikasi profesi,” tandasnya.

Sementara itu, Dekan FPIK, M. Zainuri sangat mendukung dengan rencana baik untuk membentuk LSP sendiri, karena ini merupakan modal dalam menghadapi pertarungan bisnis global yang nantinya akan dihadapi oleh generasi muda. ”Saat ini sudah banyak usaha kerja sama yang kita lakukan dan bahkan sudah lebih dari 30 perusahaan telah menjalin kerja sama dengan FPIK untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dari FPIK seperti PT Lautan Indah dan Artha Graha. Bahkan lulusan FPIK Undip ini sudah diakui baik nasional maupun international terbukti dengan adanya kerja sama dengan Coral Triangle Centre (CTC),” jelasnya. (ewb/zal/ce1)