Satu Suara Minta Mega Jadi Ketum

454
Bambang Wuryanto. (RICKY FITRIYANTO)
Bambang Wuryanto. (RICKY FITRIYANTO)
Bambang Wuryanto. (RICKY FITRIYANTO)

SEMARANG – Sebanyak 35 DPC PDIP se-Jateng secara bulat meminta agar Megawati Soekarnoputri tetap menjadi Ketua Umum dalam Kongres di Bali 9-12 April mendatang. Megawati dinilai masih memiliki karisma tinggi dan tidak ada sosok kader yang bisa menggantikannya.

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto mengatakan, seluruh kader di Jateng tetap meminta agar putri sulung Bung Karno itu menjadi Ketua Umum PDIP periode 2015-2020. Ia menilai, tuntutan Megawati sebagai ketum merupakan sebuah keniscayaan. ”Kami di Jateng sudah satu suara untuk meminta Ibu Megawati menjadi Ketum PDIP dalam Kongres di Bali mendatang,” katanya, kemarin.

Ia tidak menampik jika banyak survei di lapangan dengan hasil yang cukup variatif. Meski begitu, bisa dipastikan jika internal PDIP tetap satu suara untuk menyikapi kongres di Bali. Megawati dinilai merupakan sosok yang sangat pas dan masih bisa menyatukan serta membesarkan partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

PDIP Jateng, saat ini sedang memetakan peta politik dalam menghadapi pilkada di 21 daerah. Meski begitu, Bambang enggan membeberkan siapa yang bakal diusung dalam pilkada Desember mendatang. ”Masih terus digodok di internal. Karena sejauh ini memang PDIP bisa mengusung calon sendiri di sejumlah daerah,” imbuhnya.

Bambang menambahkan, pemetaan wilayah untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dari lawannya. Sebab, diakui atau tidak, pilkada serentak di 21 daerah dipastikan menguras tenaga, pikiran dan kekuatan. Pihaknya dalam waktu dekat juga bakal menerjunkan tim untuk melakukan survei calon yang bakal diusung dalam pilkada. ”Ini pasti akan menguras kekuatan,” tambahnya.

Bambang yang baru saja terpilih sebagai Ketua DPD PDIP Jateng memastikan bakal merangkul semua kader di Jateng. Pihaknya juga bakal membuat desk pilkada untuk memenangkan pilkada di sejumlah daerah. ”Kalau target pemenangan masih dibahas di internal,” tambahnya.

Dia menambahkan selain mendukung Megawati, PDIP Jateng pada kongres mendatang akan menyampaikan permasalahan meningkatkan kualitas kader partai dan masalah funding atau keuangan politik dan partai.

Selama ini permasalahan pendanaan menjadi salah satu kendala bagi partai politik dalam menjalankan kerja-kerja politik. ”Secara pribadi saya setuju dengan gagasan Menteri Dalam Negeri (Tjahjo Kumolo) untuk memberikan bantuan dana kepada partai politik senilai Rp 1 triliun, dengan catatan dilakukan audit dalam penggunaan,” beber Bambang.

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto dalam kesempatan sama menyatakan sebanyak 3.900 orang kader penggembira dari Jateng akan berangkat ke kongres di Bali. ”Jumlah 3.900 orang kader ini yang resmi terdaftar. Kemungkinan jumlah lebih dari itu, karena ada yang tidak mendaftar,” ungkap dia. Supaya tertib selama berada di Bali, maka, DPD PDIP Jateng akan membuka posko untuk memberikan layanan kesehatan, makan, dan penginapan. (fth/ric/ce1)