Curi Motor Teman

168

KENDAL – Sungguh tidak terpuji. Itulah yang dilakukan Ahmad Nasuha, 28, warga asal Brebes. Betapa tidak, ia mencuri kendaraan milik temannya sendiri dengan cara menggandakan kunci motor. Beruntung, aksinya berhasil dibongkar dan Nasuha dibekuk petugas Satreskrim Polres Kendal.

Kapolres Kendal, AKBP Harryo Sugihhartono mengatakan, tersangka tinggal di sebuah rumah kost daerah Kaliwungu. Sebelum beraksi, lelaki yang bekerja sebagai buruh pabrik di Semarang itu mendekati rekan kostnya. “Tersangka selalu baik dan berlagak cari temanan dengan calon korbannya. Yakni mereka yang yang memiliki sepeda motor layak dijual,” katanya, Minggu (29/3) kemarin.

Setelah akrab, tersangka berpura-pura meminjam motor temannya untuk beli rokok. Tanpa diduga, tersangka juga mampir ke tukang kunci untuk menggadakan kunci motor rekannya tersebut. “Setelah mendapatkan kunci ganda, pelaku mengamati gerak-gerik korbannya dan menunggu waktu yang tepat untuk mencuri. Pelaku juga sudah mengetahui tempat penyimpanan surat kendaraan bermotor milik korbannya,” imbuhnya.

Setelah melihat kondisi sekitar kosong, tersangka mengambil motor korbannya. Beruntung, saat beraksi ia sempat kepergok tetangga kos dan akhirnya dilaporkan ke Polres Kendal. Tersangka Nasuha mengaku bermaksud mencuri bukan untuk di jual, melainkan untuk ia pakai sendiri di Brebes. “Saya belum punya motor, maksudnya mau saya pakai sendiri,” akunya.

Tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif fi Mapolres Kendal. Nasuha dijerat dengan Pasal 363 dan Pasal 374 tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman pidananya maksimal tujuh tahun penjara. “Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada, sebab marak pencurian kendaraan bermotor terutama roda dua dengan berbagai macam cara. Terutama kepada orang yang belum dikenal atau pendatang yang tinggal dilingkungan. Harus diketahui asal-usul, pekerjaan dan sebagainya,” tambahnya Kapolres. (bud/fth)