SERTIJAB : Executive Vice President (EVP) Daop IV Semarang Apriyono Wedi Chresnanto dalam sertijab menggantikan Wawan Ariyanto kemarin. (ISTimewa)
SERTIJAB : Executive Vice President (EVP) Daop IV Semarang  Apriyono Wedi Chresnanto dalam sertijab menggantikan Wawan Ariyanto kemarin. (ISTimewa)
SERTIJAB : Executive Vice President (EVP) Daop IV Semarang Apriyono Wedi Chresnanto dalam sertijab menggantikan Wawan Ariyanto kemarin. (ISTimewa)

SEMARANG – Reaktivasi jalur kereta api (KA) Tawang – Pelabuhan Tanjung Emas dan pengoptimalan Polder Tawang menjadi target utama yang diselesaikan PT KAI Daop IV Semarang. Kedua program tersebut diharapkan bisa mengurangi beban jalan dan banjir di Kota Semarang.

Executive Vice President (EVP) Daop IV Semarang, Apriyono Wedi Chresnanto, mengatakan jika pengoptimalan tersebut tidak bisa diselesaikan tanpa campur tangan dari pemerintah. Menurut dia, harus ada sinergi dan kerjasama untuk menyelesaikan program tesebut. “Selain program tadi, Daop IV juga akan melakukan reaktivasi jalur Kedung Jati- Tuntang. Program yang akan dilakukan ini sangat berdampak besar bagi kegiatan ekonomi di Semarang dan sekitarnya,” katanya usai sertijab dengan EVP Daop IV Semarang yang lama, Wawan Ariyanto, kemarin.

Program yang sebelumnya dirancang oleh Wawan Ariyanto ini, lanjut dia akan diteruskan lantaran dinilai membantu dan berdampak besar bagi kemajuan ekonomi di Jawa Tengah. Untuk optimalisasi jalur Kedungjati – Tuntang, selain penyelamatan jalur rel bersejarah, bisa mengurangi beban jalur selatan yang selama ini dinilai sangat padat. “Kalau jalur selatan bisa dibuka lagi, pasti kemacetan akan berkurang terutama jalur Semarang – Yogyakarta. Jelas program tersebut akan saya teruskan,” katanya.

Sementara untuk pengoptimalan Polder Tawang, rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat berupa pembangunan sebuah gapura di depan jalan Merak. “Kita akan tunggu pelaksanaan dari Pemerintah Kota Semarang berupa pembongkaran pot di jalan tersebut. Optimalisasi ini kami juga akan membangun sebuah gapura di jalan itu, harapannya Polder bisa mengurangi banjir yang ada di sana,” harapnya. (den/ric)