Inovasi Karyawan Berpotensi Hemat Rp 777 M

131

SEMARANG – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, menggelar Semen Indonesia Award Innovation (SMI-AI) 2014 untuk seluruh anak perusahaannya. Diantaranya Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa yang digelar sejak tahun lalu.

Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni, mengatakan jika karyawan sangat bersemangat untuk mengikuti kompetisi. Di tahun 2009 tercatat 111 proposal inovasi dengan potensi penghematan Rp 295 miliar. “Jumlah ini terus meningkat 110,8 persen pada tahun 2014 menjadi 234 proposal inovasi dengan potensi mencapai Rp 777 miliar,” katanya.

Selama event ini digelar dari tahun 2009 sampai 2014, potensi penghematan operasional mencapai Rp 3,35 triliun sama dengan membangun pabrik baru dengan kapasitas 2,5 juta ton. “Inovasi yang kami lakukan upaya untuk melakukan terobosan guna menekan biaya sehingga harga jual menjadi kompetitif. Inovasi ini pula yang membuat kinerja dan profitabiltas perusahaan semakin tumbuh,” tandasnya.

Dalam acara ini, dibagi 4 jenis kategori inovasi yang akan dinilai. Terdiri dari bahan baku produksi, teknologi dan proses produksi, manajemen serta kategori anak perusahaan dan afiliasi. “Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari pakar teknologi semen dan praktisi inovasi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan jika perusahaan terus mendorong inovasi kepada seluruh karyawan yang diharapkan mampu meningkatkan daya saing untuk perkembangan perusahaan ke depan. Perusahaan juga mengembangkan aplikasi Sistem Manajemen Inovasi (Innovation Management System/IMS) yang menjadi basis inovasi lingkungan SMI. “Aplikasi IMS adalah salah satu bentuk nyata dari upaya perusahaan menjadi center of knowledge management yang mampu menumbuhkembangkan budaya inovasi di tubuh perseroan,” tuturnya.

Ajang Semen Indonesia Award on Innovation tidak sekedar kompetisi bagi para innovator, tetapi merupakan sarana untuk melihat apakah semakin banyak ide inovasi dan potensi penghematan yang dihasilkan. Jika setiap tahun ide inovasi dan potensi penghematan terus meningkat, maka dapat dikatakan bahwa mesin penggerak terus berfungsi dan berevoluasi yang pada akhirnya mampu menjadi tulang punggung perusahaan untuk terus tumbuh di masa mendatang.

“Perkembangan perusahaan sungguh luar biasa, dengan ekspansi ke Vietnam membuka peluang bagi perusahaan untuk memperkuat bisnis perdagangan semen di pasar luar negeri,” katanya. (den/ric)