Dorong Pemkot Semarang Wujudkan Wisata Bahari

202

TANJUNGMAS – Wacana pembangunan wisata bahari di wilayah Tambaklorok oleh Pemkot Semarang, mendapat dukungan dari berbagai pihak. Termasuk dari asosiasi dan ormas (organisasi masyarakat).

Ketua Persatuan Putra Daerah (Papda) Kota Semarang, M. Rozikin mengakui siap mengawal tahapan pembangunan infrastruktur Tambaklorok yang akan dijadikan kawasan wisata bahari. Pihaknya juga sangat mendukung jika nantinya pembangunan tersebut diimbangi dengan fasilitas dan sarana kesehatan dan pendidikan.

”Harus diimbangi dengan pembangunan Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan masyarakat. Gedung-gedung sekolah setingkat SD dan SMP hendaknya juga harus ditingkatkan. Sangat penting untuk pendidikan warga nelayan,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa, (24/3) kemarin.

Pendiri Asosiasi Masyarakat Nelayan Indonesia (AMNI) Kota Semarang Budi juga mengatakan hal senada. Menurutnya, program tersebut sangat menentukan prospek masa depan warga Tambaklorok. ”Tokoh masyarakat dan warga Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas Kecamatan Semarang Utara siap menyambut kawasan permukiman nelaya. Kami bersama tokoh masyarakat juga sering membahas rencana pemerintah ini,” ujarnya.

Diakuinya, prorgam pemkot tersebut juga mendapat respons positif oleh pihak ketiga yang berencana akan memberikan fasilitas kepada para nelayan. Bahkan, dari warga sendiri saat ini telah mempersiapkan diri dengan berinovasi membuat suvenir termasuk menu khas Tambaklorok.

”Inovasi-inovasi akan mengikuti perkembangan kemajuan seperti membuat cumi-cumi kering dengan cita rasa enak khas Tambaklorok atau ikan kering jenis kakap yang juga khas Tambaklorok. Pihak ketiga juga sudah ada yang siap memberikan meja antikarat kepada pedagang ikan dengan tujuan agar ikan yang dijual tetap higienis dan segar,” tambahnya.

Sementara, Ketua RW 15 Tambaklorok Kelurahan Tanjungmas Bambang Handoyono menyatakan warga siap mendukung kawasan pemukiman nelayan Tambaklorok diubah menjadi kampung wisata pantai atau wisata bahari. Menurutnya, kawasan tersebut sering dikunjungi para pejabat dari berbagai kalangan. ”Tambaklorok sudah sering dikunjungi pejabat pusat seperti menteri, anggota DPR RI sampai Presiden Joko Widodo, tertarik dengan kondisi pantai di Tambaklorok. Sehingga kami sangat senang kalau Tambaklorok diubah menjadi kampung kawasan Wisata Pantai di Kota Semarang,” pungkasnya. (mha/zal/ce1)