Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

KEGIATAN sosial sudah menjadi bagian hidup Pranamya Dewati. Sejak SMA, gadis asal Cirebon ini sudah aktif di kegiatan kemanusiaan. Saat ini, setidaknya dua kali dalam seminggu, ia selalu meluangkan waktunya untuk menjadi volunteer tenaga mengajar di salah satu komunitas yang menampung anak-anak di sekitar kawasan Pasar Johar, yang kurang mendapat perhatian dari orang tuanya.

”Sebenarnya saya tidak hanya mengajari mereka, tetapi juga belajar banyak hal dari mereka. Bagaimana mereka bisa selalu tampil bahagia dalam setiap keadaan, yang mungkin susah untuk saya melakukannya,” ungkap dara yang sering disapa Mya ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Jarak tempuh yang cukup jauh tak menyurutkan Mya untuk terus berbagi pengalaman dan belajar bersama sahabat-sahabat kecilnya di Pasar Johar. Dengan segala cara, ia selalu berusaha untuk bisa sampai ke tempat tujuan guna mengajarkan nilai-nilai kehidupan kepada anak didiknya.

”Karena saya tidak bisa naik sepeda motor, saya ke sana nebeng teman yang kebetulan jadi volunteer juga. Terkadang kalau teman berhalangan, saya ke sana naik angkot,” ucap mantan presenter salah satu stasiun televisi lokal ini.

Mahasiswi jurusan Komunikasi Fisip Undip ini mengaku, kegiatannya tersebut selalu mengingatkannya untuk senantiasa bersyukur. Menurut Mya, melihat ke bawah harus seringkali dilakukan oleh setiap orang. Dengan sesekali melihat ke atas untuk mendapatkan suatu motivasi. Bersama sahabat-sahabat kecilnya, Mya dapat mensyukuri setiap karunia dari Tuhan. (mg23/aro/ce1)