Lagi, Empat Parpol Koalisi Jelang Pilkada

182

DEMAK – Arah koalisi partai politik di Demak menjelang pemilihan kepala daerah mulai terbaca. Setelah 4 partai besar (PKB, PDIP, Partai Gerindra dan Partai Golkar) melakukan penjajakan koalisi, kini giliran 4 partai yang lain juga melakukan hal yang sama. Yakni PKS, PPP, Partai Demokrat dan PAN. Mereka siap bersatu untuk menjalin koalisi besar dalam pilkada.

Kepastian akan adanya koalisi partai terjalis setelah petinggi parpol mereka pertemuan, kemarin. Juru bicara koalisi partai yang juga Sekretaris DPD PKS Demak, Ahmad Gufron mengatakan, empat pimpinan partai telah saling berkomunikasi. Dalam pertemuan itu, hadir Ketua DPC PPP Ali Sa’di, Ketua DPD PKS Jumaeri, Sekretaris DPD PAN Farodli dan Sekretaris DPC Partai Demokrat Gihan Supeno. “Kami sudah menyiapkan kendaraan politik bagi calon bupati dan wakilnya untuk bertarung dalam pilkada Desember 2015 mendatang. Tentu, calon yang betul-betul siap. Kita seleksi betul,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, empat partai yang akan bergabung tersebut siap menjadi kekuatan yang lain. Ia mengklaim, kekuatan empat partai ini tidak bisa diremehkan. “Kalau kita bergabung akan menjadi kekuatan besar juga,”imbuhnya.

Dengan berkoalisinya empat partai (PKS, PPP, PAN dan Partai Demokrat) maka dipastikan bisa mengusung calon sendiri dalam pilkada. Sebab, jumlah kursi sudah mencukupi yakni ada 13 kursi di DPRD. PKS 4 kursi, PPP 5 kursi, PAN 2 kursi dan Demokrat 2 kursi. Menurutnya, meski partai besar tidak akan bisa mencalonkan sendiri karena masing-masing partai tidak ada yang memiliki kursi lebih dari 11. “Saya kira, ini nanti PKS, PPP, PAN dan Demokrat juga akan menjadi kekuatan besar,” tambahnya.

Gufron mengatakan, pihaknya telah bersepakat secara intens berkomunikasi dan akan selalu mengikuti perkembangan yang ada. “Tidak menutup kemungkinan kita buka atau mengusung calon sendiri. Ini merupakan komunikasi awal kita untuk membangun kebersamaan dalam pilkada nanti. Ini adalah kesepakatan awal yang bagus. Kalau ada partai lain yang mau bergabung dengan kita silahkan. Kita akan adakan pertemuan rutin, ”katanya.

Meskipun dapat menjadi kekuatan sendiri, namun semua partai akan tetap diajak komunikasi. “Syukur-syukur empat partai besar (PKB, PDIP, Gerindra dan Golkar) yang lain mau gabung kami,”katanya. Keempat parpol juga sepakat tidak ada pembedaan partai besar dan kecil. Sebab, ukurannya untuk bisa mengusung calon adalah memiliki minimal 11 kursi. “Kita bahas konsep pilkada ini secara matang,” tambah Gufron. (hib/fth)