UMRAH NYAMAN: Jamaah umrah Arbani Tour & Travel saat berada di masjid Nabawi Madinah pada 14 Maret yang lalu. (IST)
UMRAH NYAMAN: Jamaah umrah Arbani Tour & Travel saat berada di masjid Nabawi Madinah pada 14 Maret yang lalu. (IST)
UMRAH NYAMAN: Jamaah umrah Arbani Tour & Travel saat berada di masjid Nabawi Madinah pada 14 Maret yang lalu. (IST)

SEMARANG – Lamanya daftar tunggu untuk menunaikan ibadah haji, membuat umat Islam di Indonesia kini lebih banyak melirik ibadah umrah. Imbasnya, biro-biro umrah berlomba-lomba menawarkan program dan inovasi untuk menggaet peserta umrah.

Bahkan, saat ini ini menunaikan ibadah umrah semakin mudah. Masyarakat kalangan menengah ke bawah bahkan tidak sulit untuk pergi ke ke Tanah Suci menunaikan ibadah umrah. Ini karena biri umrah mencoba member kemudahan dengan meringankan pembiayaan calon jamaah umrah.

Seperti yang dilakukan Arbani Tour & Travel Umrah, Jalan Pamularsih Raya 104 Semarang.
Salah satu program andalan untuk menggaet peserta umrah di antaranya dengan menggandeng lembaga keuangan syariah sebagai penyandang dana talangan bagi calon jamaah umrah. “Lembaga keuangan syariah ini sudah mendapat rekomendasi dari MUI. Hanya dengan membayar DP Rp 5 juta calon jamaah sudah bisa menunaikan ibadah umrah, dan kekurangannya bisa dibayar dengan cara diangsur setelah selesai menjalankan ibadah umrah,” ujarnya H. Bayu Jalar Prayogo, direktur Arbani Tour & Travel Umrah.

Bayu juga menambahkan kemudahan lainya, yakni umrah dengan cara menabung secara berjangka pada salah satu lembaga keuangan syariah yang telah bekerja sama dengan bironya. “Tidak perlu menunggu lama untuk berangkat ke Tanah Suci, siapapun dapat berangkat umrah, bahkan karyawan biasa dan mahasiswapun bisa menikmati kesempatan ini,” kata pria ramah ini.

Arbani juga memberikan berbagai macam fasilitas unggulan selama menjalankan ibadah umrah. Antara lain penerbangan domestik ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda, dan penerbangan internasional dengan pesawat Etihad Airlines yang landing di Madinah via Abu Dhabi. “Dengan pesawat yang landing di Madinah jamaah bisa menghemat waktu dan biaya, karena tidak perlu mengantre di imigrasi Jeddah dan tidak perlu menempuh perjalanan jauh menggunakan bus menuju Madinah,” lanjutnya.

Biro ini juga melayani paket umrah selama 9 hari dan 12 hari. Paket 9 hari dengan biaya 1.950 US dollar mendapat fasilitas hotel setaraf bintang 4. Sedangkan paket 12 hari dengan tarif 2.175 dollar mendapat fasilitas hotel setaraf bintang 5. Semua hotel hanya berjarak lima puluh meter dari masjid Nabawi di Madinah, dan dua ratus lima puluh meter dari Masjidil Haram di Makkah. “Dengan didampingi oleh pembimbing kami yang berpengalaman dan fasilitas hotel yang nyaman serta dekat dengan masjid, diharapkan jamaah bisa lebih khusuk menjalankan ibadahnya,” tambahnya.

Bayu menambahkan, bulan April nanti pihaknya akan memberangkatkan sekitar 40-an jamaah ke tanah suci. “Kami masih membuka kesempatan mendaftar pada calon jamaah umrah untuk berangkat pada bulan April nanti, dan kami juga berharap calon jamaah umrah tidak hanya tergiur dengan tarif murah saja, tapi juga mencari tahu tentang fasilitas-fasilitas yang di tawarkan biro perjalanan umrah,” pungkasnya. (gie/smu)