3 Nama Terpilih Diajukan ke Gubernur

130
Sri Puryono. (Radar semarang files)
Sri Puryono. (Radar semarang files)
Sri Puryono. (Radar semarang files)

SEMARANG – Pendaftaran seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk posisi Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Tengah masih dibuka. Proses pengisian jabatan yang telah lama kosong sejak Januari 2015 lalu itu baru ditutup pada 27 Maret 2015 mendatang.

”Pemprov Jateng mengimbau kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) terbaik di Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi tersebut,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng Sri Puryono.

Sri menjelaskan, lelang jabatan dilaksanakan terbuka secara nasional. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah. “Yang melaksanakan proses seleksi adalah Tim Pansel (panitia seleksi),” imbuhnya.

Disinggung kapan target selesainya proses seleksi, Sri menegaskan tidak akan menunggu lama-lama. Menurutnya, proses seleksi akan dilakukan secepatnya. Selesai pendaftaran, akan di-setting oleh tim pansel agar pelaksanakan tahapan berikutnya lebih cepat. ”Hal ini juga sesuai dengan arahan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,” tandasnya.

Ketua Tim Pansel lelang jabatan Kabiro Umum, Prof Endang Larasati menjelaskan, tahapan pertama dalam lelang jabatan adalah pendaftaran secara administratif. Kemudian dilanjutkan verifikasi data dari para pendaftar. Seleksi ini menggunakan sistem gugur pada tiap tahapannya. ”Tim pansel sebelumnya akan melakukan verifikasi data administrasi pendaftar. Jika tidak memenuhi syarat maka yang bersangkutan tidak berhak mengikuti proses selanjutnya,” bebernya.

Setelah melalui proses verifikasi, lanjut Endang, tahapan selanjutnya adalah tes tertulis. Adapun materi tes adalah seputar tugas dari Kepala Biro Umum. Pada tahapan tersebut, peserta juga diminta menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari jabatan tersebut. Misalnya tentang protokoler, kerumahtanggaan gubernur, dan pengadaan barang.

”Nantinya akan ada tiga nama yang terpilih sebagai calon untuk selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Jateng. Dalam hal ini gubernur yang menentukan siapa di antara ketiganya yang berhak menduduki jabatan Kepala Biro Umum Setda Jateng yang baru,” ujarnya menambahkan informasi selengkapnya dapat diakses melalui website jatengprov.go.id. (fai/ric/ce1)