Bayi Lucu Dibunuh Orang Tuanya

173

MUNGKID— Warga Dusun Butuh Desa Kapuhan Kecamatan Sawangan dikagetkan dengan penemuan sesosok bayi laki-laki di teras toko kelontong milik Wiyadi, 35. Bayi itu dalam kondisi meninggal dunia.

Diduga bayi dibunuh oleh orang tuanya yang tidak menginginkan kehadirannya. Bayi mungil itu diperkirakan baru berusia 3-4 jam.

Menurut Wiyadi, awalnya sempat mengira bayi yang sudah meninggal dunia itu adalah boneka. “Awalnya, saya mau ambil keranjang bambu untuk membawa tomat, terus lihat ada sosok itu. Kami kaget saat menemukan bayi yang tergeletak itu. Saya kira boneka,” jelasnya, kemarin.

Setelah mendapati bayi berjenis kelamin laki-laki yang dibungkus selimut kuning itu, Wiyadi lalu melaporkan temuannya pada kepala dusun setempat. Lalu, mereka mengecek bayi yang sudah pucat itu. Setelah itu, warga datang berkerumun dan melaporkan temuan itu pada Polsek Sawangan.

Kapolsek Sawangan, AKP T Haryono menjelaskan, pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dari dugaan sementara, bayi dengan berat 3,7 kilogram dan panjang 57 sentimeter ini, merupakan hasil hubungan gelap. “Kami menduga merupakan hasil hubungan gelap. Kemungkinan dibuang secara sengaja, karena masih ada plasentanya,” jelas Haryono.

Polisi sempat membawa bayi malang itu ke Puskesmas Sawangan I untuk mendapatkan visum. “Kami masih menyelidiki pelaku dari bukti-bukti yang kami temukan,” paparnya.

Budi Hartini, dokter umum Puskesmas Sawangan I, menjelaskan, dari pemeriksaan yang dilakukannya, bayi nahas itu diduga meninggal 4 jam sebelumnya. Adapun, jika melihat berat dan panjang bayi, kata dia, diperkirakan usia bayi itu sekitar 36 minggu sampai 40 minggu.

“Untuk penyebab kematian, bisa jadi karena kedinginan. Atau juga terlilit tali pusar,” jelasnya. Usai pemeriksaan tersebut, bayi tersebut dimakamkan oleh warga sekitar lokasi kejadian di pemakaman desa setempat. (vie/lis)