All OUT: Abdul Kamil Sembiring, mendapat pertolongan dari pemain Persibas, dalam ujicoba Minggu (15/3) malam lalu di Banyumas. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
All OUT: Abdul Kamil Sembiring, mendapat pertolongan dari pemain Persibas, dalam ujicoba Minggu (15/3) malam lalu di Banyumas. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
All OUT: Abdul Kamil Sembiring, mendapat pertolongan dari pemain Persibas, dalam ujicoba Minggu (15/3) malam lalu di Banyumas. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

CILACAP – Tim pelatih PSIS Semarang akhirnya merekomendasikan striker pelamar Abdul Kamil Sembiring ke manajemen tim untuk dinego. Sembiring diharapkan mampu menjadi tandem sejati Hari Nur Yulianto di lini depan PSIS dalam mengarungi kompetisi Divisi Utama 2015 ini.

“Prinsipnya tim pelatih sudah oke dengan Sembiring. Karakter permainannya sudah sesuai dengan karakter permainan tim ketika diturunkan pada uji coba lawan Persibas kemarin,” kata Direktur Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho kemarin.

Namun Agung mengatakan, tim pelatih PSIS tidak serta merta merekomendasi eks bomber PSMS Medan itu begitu saja. Ada catatan yang harus diperbaiki oleh Sembiring jika nantinya mencapai kesepakatan nilai kontraknya dengan manajemen.

Catatan pertama yang harus segera diperbaiki penyerang berusia 23 tahun itu adalah kondisi fisiknya yang masih jauh dari harapan tim pelatih PSIS. Hal itu sudah terlihat ketika Sembiring mulai bergabung dengan tim beberapa waktu lalu.

Bahkan ketika diturunkan di laga uji coba versus Persibas di Stadion Satria Purwokerto Minggu (15/3) petang kemarin Sembiring tercatat hanya bermain sepanjang 30menit pertandingan lantaran kondisi fisiknya yang tidak mumpuni. “Perkembangan fisiknya akan kami pantau secara ketat, dia juga harus bisa menambah menu porsi fisiknya agar bisa mengejar anak-anak lainnya. Tapi secara pribadi saya melihat Sembiring punya kemauan yang besar untuk bergabung dengan tim,” lanjut Agung.

Sementara petang (17/2) ini tim Mahesa Jenar akan kembali melanjutkan tour uji coba mereka yaitu menghadapi tim kontestan Divisi Utama lainnya PSCS Cilacap di Stadion Wijaya Kusuma Cilacap.

Di uji coba tandang keempat nanti, kemungkinan besar tim pelatih PSIS juga akan kembali melihat performa Sembiring sebelum benar-benar melakukan proses negosiasi dengan pemain yang juga pernah menghuni skuad Timnas U-21 itu. “Yang jelas proses negosiasi dan kalau nantinya ada kesepakatan kontrak akan kami lakukan di Semarang setelah tour ini. ya pastinya sesuai arahan pelatih, Sembiring direkomendasi tapi dengan beberapa catatan terutama masalah kondisi fisiknya itu,” sambung Agung.

Sementara terpisah, head coach PSIS, M Dofir berharap, Fauzan Fajri dkk bisa kembali menunjukkan tren positif di uji coba pra musim versus PSCS petang nanti setelah kemarin mereka berhasil menundukkan tuan rumah Persibas Banyumas. “Kemenangan uji coba cukup penting untuk meningkatkan motivasi anak-anak meskipun itu bukan hal utama yang kami cari karena kematangan tim menjadi hal yang pertama yang kita cari dalam serangkaian laga uji coba ini,” beber Dofir.

Menghadapi PSCS, pelatih yang juga pernah berkostum PSIS itu kemungkinan besar akan kembali melakukan rotasi pemain di beberapa lini terutama di lini tengah dimana pihaknya memiliki banyak pilihan pemain. “Pemain-pemain pelapis menunjukkan grafik permainan yang juga meningkat. Nah kami harap bisa terus seperti ini, sehingga kami memiliki banyak pilihan pemain untuk diturunkan sebagai starter,” pungkas Dofir. (bas/smu)