Pilkada Serentak 9 Desember

156
Joko Purnomo. (Radar semarang files)
Joko Purnomo. (Radar semarang files)
Joko Purnomo. (Radar semarang files)

SEMARANG – Rencana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak 2015 sepertinya telah menemukan titik terang. Pelaksanaan event tiap lima tahun sekali itu bakal digelar pada 9 Desember mendatang.

”KPU RI sudah menyusun rancangan (draf) Tahapan Pilkada. Dalam rancangan tahapan tersebut direncanakan pemungutan suara tanggal 9 Desember 2015,” ungkap Ketua KPU Jateng Joko Purnomo.

Dijelaskan Joko, atas rancangan itu pihaknya telah menyampaikan kepada seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Utamanya kepada 21 daerah yang akan melaksanakan Pilkada. Menurutnya, rancangan tersebut selanjutnya akan dilakukan kajian dan pemberian masukan. Sebab, selain tahapan pilkada, ada lima draf peraturan KPU lainnya yang juga diserahkan. ”Setiap saya berkesempatan mengisi acara di beberapa tempat, juga saya sampaikan hal tersebut,” imbuhnya.

Disinggung kapan keputusan final itu diumumkan, Joko menegaskan sampai undang-undang itu ditandatangani oleh presiden. Sebelumnya juga harus dilakukan konsultasi dengan anggota dewan. ”Sesuai undang-undang Nomor 15 tahun 2011 setiap ada peraturan harus melalui persetujuan dewan dan pemerintah. Jadi kuncinya ada di pengesahan UU,” tandasnya. (fai/ric/ce1)