Pasar Kliwon Hampir Terbakar Lagi

134
RAWAN: Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan listrik di depan Pasar Kliwon yang terbakar. (IST)
RAWAN: Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan listrik di depan Pasar Kliwon yang terbakar. (IST)
RAWAN: Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan listrik di depan Pasar Kliwon yang terbakar. (IST)

TEMANGGUNG- Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, Sabtu (14/3) siang, hampir mengalami kebakaran. Pasalnya muncul api yang menjalar di tiang listrik. Hal ini membuat banyak pedagang menyelamatkan diri dengan berhamburan keluar.

Kebakaran pun berhasil dicegah setelah satpam yang berjaga di pasar tersebut sigap memadamkan api. Saat kejadian, banyak pedagang berupaya menyelamatkan barang dagang dengan mengemasnya ke dalam karung.

Suhadi, 41, salah satu pedagang mengaku berterimakasih sekali karena satpam telah melakukan tindakan pemadaman api dengan cepat. “Pak satpamnya ada tiga. Mereka langsung memadamkan api di tiang listrik. Kami sangat panik sekali. Takut terjadi kebakaran,” ujarnya.

Soni, 38, pedagang lain mengungkapkan, awalnya tercium bau menyengat seperti kabel terbakar. Setelah mengamati ke luar pasar, dia dikejutkan dengan asap hitam yang keluar dari tiang listrik. Begitu melihat tiang listrik terdapat kobaran api, ia berteriak ada kebakaran.

“Begitu saya teriak itu, banyak pedagang yang langsung mematikan barang elektronik. Gas-gas elpiji juga dimatikan dan dikeluarkan. Takut kalau nanti malah terjadi makin parah,” tambahnya.

Kemungkinan api tersebut berasal dari korsleting listrik, sebab belum ada satupun benda atau perlengkapan lainnya yang terbakar. “Menurut saya dari listrik, karena titik api juga ada di tabung yang ada di tiang listrik itu,” ujarnya.

Pada 8 Desember 2008, Pasar Kliwon terbakar. Sekitar 95 persen bangunan ludes terbakar.
Para pedagang berharap kepada pemerintah dan PLN memperhatikan keamanan listrik.

Sebelumnya pada 7 Januari 2015, Bupati Temanggung Bambang Sukarno sudah pernah mengingatkan tentang instalasi listrik yang rawan terbakar. Ia menilai instalasi listrik di Pasar Kliwon belum sesuai dengan standar yang diterapkan PLN. (mg3/ton)