Ruko di Tembalang Tembus Rp 9 M

190

TEMBALANG – Pertumbuhan ekonomi wilayah Semarang atas, seperti kawasan Tembalang, cukup pesat. Tidak kalah dengan kawasan jantung kota. Hal itu berdampak terhadap nilai jual bangunan dan tanah di wilayah tersebut.

Jumlah permintaan yang tinggi membuat harga sewa maupun harga beli tanah serta bangunan di kawasan Tembalang terus melambung. Nilainya pun cukup fantastis. Contohnya, satu unit ruko di Jalan Ngesrep Raya mencapai Rp 9 miliar. Prospek bisnis yang bagus dinilai menjadi pemicu naiknya harga ruko setiap tahunnya.

Ningsih, marketing Ngesrep Square Tembalang mengungkapkan bahwa kenaikan ini berhubungan dengan roda bisnis yang sangat menjanjikan di wilayah Tembalang. Hal ini membuat para pemilik ruko terus menaikkan harga.

”Mungkin karena banyak mahasiswa. Sehingga berbisnis di sini banyak peluang untuk menjadi untung. Jadi banyak yang berminat untuk memulai bisnis di daerah sini,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Surya Tanujaya, Agent Property salah satu ruko di Tembalang, saat dihubungi Radar Semarang. Menurutnya, harga sewa maupun beli ruko di Tembalang memang selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

”Kenaikan harga untuk ruko di Tembalang dikisarkan mencapai 10 persen sampai 20 persen setiap tahunnya,” ungkap Surya.
Di sisi lain, kenaikan harga dirasa sangat menyulitkan para pengusaha pemula dari kalangan mahasiswa. Tak jarang, pilihan untuk pindah tempat diambil ketika harga sewa sudah tidak terjangkau lagi.

Daniel Edi Kurniawan, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro yang memiliki usaha kuliner mengaku bahwa kenaikan harga sedikit dirasakan dampaknya. Daniel dan pengusaha lainnya tidak dapat berbuat apa-apa kecuali mengikuti perkembangan harga yang ada.

”Ya hanya bisa mengikuti harga yang ada, kita tidak bisa protes. Kalau kita tidak mau dengan harga segitu, tempat yang kita sewa akan berpindah ke tangan orang lain,” ujar Daniel.

Jika memang dirasa tidak terjangkau meneruskan nilai sewa, pihaknya hanya bisa mencari tempat lain dengan harga yang lebih murah. (mg23/zal/ce1)