Harga Berlian Masih Stabil

211
PRESTISE : Pramuniaga menunjukkan berlian dengan 3 warna yang tengah booming saat ini. (ENY/radar semarang)
PRESTISE : Pramuniaga menunjukkan berlian dengan 3 warna yang tengah booming saat ini. (ENY/radar semarang)
PRESTISE : Pramuniaga menunjukkan berlian dengan 3 warna yang tengah booming saat ini. (ENY/radar semarang)

SEMARANG- Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ternyata tak berpengaruh terhadap pasar berlian. Branch Manager Mondial Jeweler, Peter, mengatakan, meski dollar AS saat ini menguat, namun harga berlian hingga saat ini masih dijual seperti saat dollar ada di rate Rp 11.500.

“Karena dari sisi harga kami tidak mengalami kenaikan, maka penjualan berlian hingga saat ini masih bagus,” ungkap Peter. Meski demikian, jika satu hingga dua bulan mendatang, rupiah masih di angka Rp 13.000 terhadap dollar AS, tidak menutup kemungkinan jika harga berlian akan ikut naik.

Sedangkan untuk penjualan berlian di Mondial Jeweler sendiri, Peter menambahkan, untuk kurun waktu 2013 hingga 2014 angkanya meningkat hingga 14 persen. “Sedangkan di tahun 2015, kami menargetkan peningkatan penjualan hingga 12 persen,” jelasnya.

Terkait dengan tren berlian di tahun ini, Peter menjelaskan, model berlian yang banyak diburu adalah berlian full color, dimana dalam sebuah perhiasan ada 3 warna yaitu rose gold/pink, putih dan gold. “Berlian 3 warna tersebut bisa juga dikombinasikan dengan berlian hitam,” terangnya.

Untuk warna rose gold bisa tercipta dari perpaduan emas 75 persen dan tembaga 25 persen, sedangkan warna gold dari emas 75 persen dan sisanya tembaga serta nikel, sedangkan untuk emas putih biasanya dicampur dengan nikel. Untuk harga yang ditawarkan rate nya mulai dari Rp 5 jutaan. “Biasanya yang paling banyak diburu adalah perhiasan jenis cincin prosentasenya hingga 40 persen, sisanya dibagi antara liontin, gelang dan kalung,” terangnya.

Selain berlian, Peter mengaku perhiasan batu mulia atau prestigious stone saat ini juga banyak diburu, seperti blue safir, emerald dan ruby. “Meski saat ini tengah booming fenomena batu akik, namun penjualan prestigious stone ini tidak terpengaruh. Ini mengingat, batu akik hanya akan menjadi fenomena sementara, sedangkan batu mulia merupakan batu abadi yang akan tetap bernilai hingga kapan pun,” jelas Peter. (eny/ric)