Depresi, Gantung Diri dengan Selendang

139

TEMBALANG – Seorang pria paro baya bernama Suwarno, 49, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di rumahnya di Jalan Gondang Barat III nomor 8, Kelurahan Bulusan, Kecamatan, Tembalang, Kota Semarang, Jumat (13/3).

Ayah dua anak itu menjerat lehernya dengan menggunakan selendang warna cokelat yang dikaitkan di kayu kusen di dalam kamar. Ditemukan sebuah kursi yang diduga digunakan untuk memanjat korban sebelum detik-detik meregang nyawa.

Sontak, peristiwa tersebut membuat gempar warga sekitar. Sekitar pukul 08.00, sejumlah warga berhamburan ke rumah lokasi kejadian. Rumah tersebut terdiri atas 8 kamar yang digunakan sebagai tempat kos mahasiswa itu. ”Tiba-tiba ada yang teriak, saat dicek, ternyata korban sudah dalam kondisi meninggal,” kata kerabat korban, Widi, di lokasi kejadian, kemarin.

Widi mengaku tidak mengetahui apa yang menyebabkan Suwarno bunuh diri. Namun korban belakangan mengalami tekanan batin pasca ditinggal istrinya meninggal. Diduga ia mengalami depresi.

Bahkan, korban sempat berkali-kali hendak bunuh diri. Di antaranya korban sempat menyayat nadinya sendiri. Namun saat itu nyawa korban masih tertolong. ”Korban juga pernah dipergoki membawa tali tambang diduga hendak bunuh diri, namun diketahui keluarganya,” ungkapnya.

Tak lama setelah dilaporkan, tim dari Polsek Tembalang dan Inafis Polrestabes Semarang tiba di lokasi kejadian. Sejumlah petugas langsung melakukan identifikasi dan melakukan evakuasi terhadap jasad korban.

Hasil pemeriksaan terhadap jenazah korban tidak ditemukan adanya indikasi tindak penganiayaan ataupun pembunuhan. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai sopir pabrik itu diduga murni bunuh diri menggunakan kain selendang warna cokelat.

Sejumlah alat bukti diperiksa oleh petugas termasuk ditemukan sebuah kursi. ”Diduga, korban naik dengan cara memanjat kursi tersebut,” ujar salah seorang petugas Inafis. Pihak keluarga korban sepakat untuk mengurus jenazah dan langsung dimakamkan. Sehingga tidak dilakukan proses otopsi. (amu/zal/ce1)