SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah kembali membentuk tim panitia seleksi (pansel) panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) untuk lima kabupaten/kota susulan yang bakal menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada akhir 2015 mendatang. Hal ini menyusul hasil revisi UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada. Dalam regulasi tersebut menetapkan pilkada diselenggarakan di mana kepala daerah tersebut akhir masa jabatannya sampai akhir 2015 dan semester pertama 2016.

Ketua Bawaslu Jateng Abhan Misbah mengatakan, tim Pansel kali ini berbeda dengan tim Pansel seleksi Panwas di 16 kabupaten/kota beberapa waktu lalu. Pansel kali ini terdiri atas unsur media, akademisi, dan tokoh masyarakat. ”Mereka akan bekerja selama kurang lebih dua bulan atau minimal sebelum Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) memulai tahapan Pilkada,” ungkapnya.

Dijelaskan, tim pansel tersebut terdiri atas lima orang. Tiga orang baru sedangkan dua lainnya merupakan orang lama. Tim Pansel diketuai oleh Fajar Saka (mantan Ketua KPU Jateng) dengan sekretaris Agus Toto Wiyatmoko (Pemred Koran Wawasan). Tiga lainnya adalah Fitriyah (Dosen FISIP Undip), Lita Tyesta dan Ananingsih (Mantan Ketua Panwas Kota Semarang).

”Sesuai surat edaran Ketua Bawaslu RI Nomor 0068/Bawaslu/III/2015 tanggal 9 Maret 2015 perihal instruksi pembentukan Panwaslu, kami bergerak cepat untuk melaksanakannya. Prinsipnya agar kami tidak terlambat mengawasi proses demokrasi pilkada,” beber Abhan.

Sementara itu, Ketua tim Pansel Panwaslu untuk lima kabupaten/kota, Fajar Saka mengungkapkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi perdana dengan anggota lainnya. Selanjutnya akan ditetapkan jadwal dan persiapan pengumuman pendaftaran. Menurutnya, aturan main tidak jauh berbeda dengan seleksi panwaslu yang lalu. Sebab, dasar pembentukannya sesuai dengan undang-undang 15/2011 dan undang-undang 1/2015 untuk menunggu perubahannya. ”Jadi terkait dengan syarat dan sebagainya tidak banyak perubahan,” katanya.

Fajar menjelaskan, rencananya Selasa (17/3) depan pendaftaran Panwaslu lima kabupaten/kota akan dibuka. Pendaftaran nantinya dapat dilakukan melalui pos atau mendatangi langsung kantor Bawaslu Jateng di Jalan Atmodirono nomor 12 Semarang. Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi seoptimal mungkin sehingga kemudian banyak yang melamar. ”Diharapkan, sebelum KPU menetapkan tahapan pilkada, para panwaslu ini sudah bisa diketahui siapa saja yang lolos,” pungkasnya.

Seperti diketahui, lima daerah susulan yang bakal menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada akhir 2015 mendatang adalah Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Grobogan, Demak, Sragen. Tim Pansel nantinya akan memilih enam orang dari tiap-tiap daerah. Dari enam orang tersebut, kemudian dipilih tiga orang yang berhak dilantik menjadi anggota panwaslu di daerah masing-masing. (fai/zal/ce1)