SEMARANG – Untuk mendongrak kunjungan pelajar di Museum Ronggowasito Semarang yang masih minim, pihak museum berencana menggelar lomba foto selfie bagi para pengunjung dengan iming-iming hadiah yang menarik.

Kepala Museum Ranggawarsita Semarang Steven Timisela mengatakan jika lomba tersebut sengaja digelar untuk mendongkrak tingkat kunjungan dengan menumbuhkan ketertarikan di kalangan anak-anak dan remaja. “Kita sengaja buat event agar kunjungan museum meningkat,selama 2013 tercatat 68 ribu pengunjung, pada 2014 meningkat menjadi lebih dari 100 ribu pengunjung. Tahun ini, kami harap meningkat lagi,” katanya kepada Radar Semarang.

Even kali ini rencananya akan diperuntukkan bagi pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), rencananya lomba akan mengundang salah satu SMP untuk pilot project. Dirinya tidak menutup kemungkinan jika lomba juga akan diperuntukkan untuk pengunjung dari kalangan umum. “ Sementara ini baru tingkat SMP, kami akan menunjuk salah satu sekolah yang pernah berkunjung kesini sebagai peserta. Nantinya, kami perluas untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) hingga anak kuliah,” paparnya.

Syarat mengikuti lomba ini sendiri adalah perserta diharuskan untuk berfoto selfie dengan koleksi-koleksi yang dimiliki Museum Ranggawarsita Semarang dan bagi foto terbaik akan mendapatkan hadiah menarik yang disediakan panitia. “Pakainya kamera handphone saja, yang langsung bisa dikirim atau diupolad ke jejaring sosial atau website panitia. Lomba ini tentu menarik dan akan segera kami laksanakan,” tegasnya.

Untuk hadiah yang diberikan bisa dibilang cukup menarik mulai pulsa dengan berbagai besaran nilai hingga yang termahal adalah ponsel dengan fitur kamera. “Sebelumnya akan dinilai oleh para juri dengan kriteria keunikan serta estetika,” pungkasnya. (den/smu)