KAJEN-Sebagai dasar dukungan untuk calon independen pada Pilkada 2015, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pekalongan telah mempersiapkan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2). Kesiapan lain adalah data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sebagai bahan untuk KPU dalam penyusunan daftar pemilih.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pekalongan, Risnoto mengatakan bahwa dasar untuk calon independen tersebut sebagaimana diamanatkan Pasal 41 UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Perppu nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“Tentang persiapan Pemilu 2015, kami siap. Kami sudah mempersiapkan data DAK2. Kamis (5/3) lalu, kami diundang Pemprov Jateng terkait kesiapan itu,” jelasnya.

Selain itu, Disdukcapil juga sudah menyiapkan DP4 sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Pasal 58 UU Pilkada. Terkait DP4, kata dia, harus membuat nomor induk kependudukan, nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan alamat.

Ristono mengatakan, sejumlah persiapan tersebut dilakukan lantaran DAK2 dan DP4 memang harus bersumber dari data kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kota yang telah dikonsolidasikan, diverifikasi dan divalidasi oleh Kemendagri.

“Hasil dari Kemendagri itu diterbitkan setiap semester. Untuk semester I diterbitkan tanggal 30 Juni, sedangkan semester II diterbitkan 31 Desember,” jelasnya.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Pekalongan, Bambang Supriadi menambahkan, data-data kependudukan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pekalongan telah siap. “Kami siap, tidak ada masalah bagi Disdukcapil. Data yang ada memang merupakan data untuk mendukung demokrasi,” timpalnya. (hil/ida)