Bank Gencarkan Aktivasi E-Banking

177

SEMARANG – Bank-bank umum saat ini secara gencar mendorong program pemerintah, yakni transaksi non-tunai. Berbagai inovasi dilakukan untuk mengajak nasabah serta masyarakat bertransaksi non-tunai ini.

PT Bank BNI misalnya, menargetkan minimal 1.000 user baru melakukan aktivasi e-banking. Hal ini sebagai salah satu bentuk dukungan program non-tunai dari pemerintah. “Untuk mendorong masyarakat lakukan transaksi non tunai, kami adakan program E-Banking Vaganza 2015,” ujar Pemimpin Bidang Pelayanan Nasabah BNI KCU Semarang Achmad Subandi, kemarin (10/3).

Program yang berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 31 Januari 2016 mendatang ini mendorong setiap nasabah baik yang baru maupun lama untuk melakukan aktivasi e-banking, baik itu Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking dan juga ATM. “Khusus untuk BNI KCU Semarang, ditargetkan minimal 1000 user baru yang melakukan aktivasi E-banking,” tegasnya.

Pihaknya optimistis target tersebut akan terpenuhi, bahkan melebihi. Hal ini mengingat gencarnya sosialisasi pemerintah dan kesadaran masyarakat akan transaksi non tunai yang mulai meningkat. “Saat ini masyarakat mulai sadar akan manfaat dari transaksi non tunai, karena memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi. Selain memberikan kemudahan transaksi non tunai juga lebih aman, karena tidak menggunakan uang cash,” ujarnya.

Program ini, lanjutnya, tidak hanya beraku untuk nasabah tetapi juga berlaku untuk pegawai BNI yang belum melakukan aktivasi E-banking. Khusus untuk Internal BNI, ada tiga kategori yakni Platinum, Gold dan Silver tergantung kategori outlenya. Kalau KCU Semarang masuk kategori Platinum.

Selain itu, program ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan kinerja bisnis khususnya fee base income, dari e-banking diluar pendapatan pokok bank. Oleh karena itu perlu adanya dukungan user dengan transaksi yang tinggi. Dengan tumbuhnya user diharapkan, mampu mendongkrak transaksi.

Rr. Joeli Koeswardani Head Of Business Performance and Channel Managemen BNI Wilayah Semarang menambahkan, selain mendorong aktivasi E-banking untuk meningkatkan transaksi non tunai, Bank BNI mendorong peningkatan transaksi melalui ATM dan juga transaksi melalui mesin EDC. “Kita memiliki 1410 mesin ATM dan 4148 EDC yang tersebar di Jateng dan DIY,” imbuhnya. (dna/smu)