Unnes Beri Fasilitas Warga Sekitar Kampus

165

SEKARAN – Masyarakat Gunungpati mengharap peningkatan kontribusi nyata dan jalinan sinergi antara Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan masyarakat di lingkungan kampus. Hal tersebut dikatakan oleh Camat Gunungpati, Bambang Pramusinto saat menghadiri sarasehan di Universitas Negeri Semarang (Unnes), kemarin.

Seperti diketahui, nama Gunungpati melejit lantaran di kecamatan tersebut terdapat kampus yang ber-tagline konservasi itu. Menurut Bambang, hingga kini masih banyak masyarakat di kecamatannya yang tergolong kurang mampu. ”Sehingga perlu peran Unnes untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pemasaran produk masyarakat Gunungpati. Selain itu jalinan sinergi di berbagai bidang perlu dilakukan, seperti kegiatan seni budaya di Gunungpati mohon dapat dipromosikan melalui Unnes,” kata Bambang yang juga berharap keberadaan Unnes di Gunungpati, bisa lebih mendongkrak prekonomian di wilayah tersebut.

Sementara itu, Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman mengatakan, kegiatan tersebut selain sebagai silaturahmi antara warga Unnes dengan warga sekitar Unnes, juga sebagai upaya menyelaraskan program kampus dengan kehidupan masyarakat sekitar. ”Masukan dan harapan dari masyarakat sekitar akan dijadikan pijakan dalam pengambilan kebijakan di Unnes,” ujar Fathur.

Menurut Fathur, keberadaan Unnes yang ada di Gunungpati diperlukan sebuah jalinan harmonis dengan masyarakat setempat. Dukungan dan masukan masyarakat Gunungpati sangat ia harapkan agar Unnes lebih memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. ”Kebijakan-kebijakan yang akan diambil Unnes akan memperhatikan masukan dan harapan dari masyarakat sekitar kampus,” kata Fathur.

Dikatakan Fathur, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengadakan bakti sosial pada masyarakat sekitar kampus, serta memberikan stan bagi masyarakat untuk menjual produknya pada kegiatan pasar Sabtu-Minggu di kampus Sekaran. Hadir dalam sarasehan yang diselenggarakan oleh Bidang Pengembangan dan Kerjasama Unnes tersebut yaitu Pejabat Unnes ketua RT, Ketua RW, Lurah, serta Camat Gunungpati. (ewb/zal/ce1)