Deteksi Listrik Padam dengan Peso

163
(DOK/RADAR KEDU)
(DOK/RADAR KEDU)
(DOK/RADAR KEDU)

MAGELANG—PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Magelang mendorong para pegawainya untuk terus berinovasi, memunculkan sistem atau alat-alat terbaru guna mendukung kinerja PLN. Muaranya, pada kemudahan pelayanan bagi pelanggan.

“Baru saja ada temuan baru dari Supervisor Teknik Rayon Tegalrejo Magelang, Ardian Nugroho. Ia menemukan Penerangan Sementara Otomatis (Peso),” beber Humas PT PLN Area Magelang, Fitri Yani Kepada Jawa Pos Radar Kedu di kantornya, kemarin.

Alat tersebut, lanjut Fitri, berfungsi ketika listrik padam. Sistem kerja alat tersebut, ungkap Fitri, akan memudahkan petugas PLN untuk memonitor jaringan listrik pelanggan yang padam, sekaligus memperbaikinya, tanpa harus ke rumah pelanggan.

“Dulu, dengan sistem manual, pengaduan dari pelanggan, kadang petugasnya yang lupa. Baru empat hari kemudian baru bisa nyala. Padahal pelanggan sudah menyelesaikan administrasi.”

Nah, dengan Peso, kata Fitri, jaringan listrik di rumah pelanggan yang padam, akan terdeteksi. “Petugas tidak harus datang ke lokasi yang bersangkutan, bisa dimonitor dari kantor, seketika itu bisa nyala.” Peso merupakan alat kontrol yang dipasang pada kwh meter 1 phase.

“Alat ini dilengkapi LCD dan keypad yang berguna untuk menyeting dan melihat data penggunaan beban maupun setting waktu sesuai permohonan,” jelas Supervisor Teknik Rayon Tegalrejo Magelang, Ardian Nugroho.

Penemu sekaligus penggagas alat ini menambahkan, alat tersebut juga dilengkapi micro controller dan relay. Sehingga bisa mengubah daya, juga mengubah wiring pengukuran secara otomatis.

Ketika terjadi perpindahan daya normal ke waktu penerangan sementara dan normal kembali, maka pelanggan tidak merasakan listrik padam. Sehingga alat ini bisa dipasang sebelum hari permohonan dan dibongkar setelah hari permohonan.

Kendati masih terbatas, Peso sudah diimplementasikan sejak 20 Desember 2014 di sebagian wilayah kerja PT PLN Persero Area. “Dengan adanya alat ini, diharapkan bisa memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada masyarakat yang memakai produk layanan penerangan sementara.” (mg2/isk)