Didik Herdiana Prasetyo. (Ricky Fitriyanto/Radar Semarang)
Didik Herdiana Prasetyo. (Ricky Fitriyanto/Radar Semarang)
Didik Herdiana Prasetyo. (Ricky Fitriyanto/Radar Semarang)

SEMARANG – Dewan berharap agar Gubernur Jateng bisa lebih bijak dalam merealisaikan ide untuk membangun provinsi ini. Sebab, selama ini banyak program besar gubernur yang fantastis, tapi justru menjadi beban pemprov. Dia mencontohkan saat ini, pemprov sedang menggodok pembangunan Jateng Park di Kawasan Hutan Penggaron, Kabupaten Semarang.

”Gubernur jangan asal merealisasikan ide besarnya. Harus ada kajian yang mendalam dan berhati-hati. Agar tidak justru membebani pemprov,” kata anggota Komisi B DPRD Jateng, Didiek Herdiana Prasetyo, kemarin. ”Ide monumental boleh, tapi harus menyesuaikan. Agar pembangunan dan fungsinya bisa optimal,” imbuhnya.

Politisi PDIP ini menambahkan, untuk pembangunan Jateng Park harus dikaji lebih mendalam. Sebab meski sudah ada MoU, pembangunan Jateng Park terkesan dipaksakan. Sebab lokasinya berada di kawasan hutan lindung. ”Untuk Jateng Park harus benar-benar diperhatikan lingkungannya. Karena yang digunakan itu kawasan hutan,” tambahnya.

Dewan berharap jangan sampai pembangunan Jateng Park nantinya justru berlarut-larut karena konsep yang kurang matang. Dan jelas akan menjadi beban dan merepotkan pihak pemprov sendiri, karena harus menyuntikkan dana untuk merampungkan pembangunan tersebut. ”Ini kan dibangun dengan menggunakan uang rakyat, jangan sampai terbengkalai di tengah jalan. Harus benar-benar direncanakan secara matang,” tambahnya.

Dewan berharap agar pemprov benar-benar menyiapkan perencanaan matang dalam pembangunan Jateng Park di kawasan hutan Penggaron, Kabupaten Semarang. Pemprov tidak usah tergesa-gesa untuk merealisasikan pembangunan tersebut. Dewan juga menyambut baik kecepatan Pemprov Jateng untuk membangun Jateng Park. Sebab, target awal untuk melakukan MoU antara Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Perhutani, Pemprov Jateng serta Pemerintah Kabupaten Semarang sudah dilakukan. ”Artinya, sudah ada titik terang harapan untuk pembangunan Jateng Park. Jadi harus benar-benar disiapkan secara matang, terutama masterplan-nya,” tambah anggota Komisi B DPRD Jateng, Achsin Ma’ruf. (fth/ric/ce1)