Dilarang Pasang Alat Peraga

134
Syukron Adin. (BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG)
Syukron Adin. (BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG)
Syukron Adin. (BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG)

KENDAL – Pilkada Kendal 2015 ini dipastikan akan lebih ketat. Pasalnya alat peraga kampanye semua disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal. “Semua jenis alat peraga disediakan oleh KPU. Jadi semua akan dibuat sama atau disama ratakan. Baik spanduk, baliho, poster, banner,” kata Devisi Hukum, Pencalonan dan Pengawasan KPU Kendal Syukron Adin disela Rakor Cipta Kondisi Lintas Sektoral di Pendopo Kantor Bupati Kendal, kemarin.

Aturan itu termuat dalam Undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang pilkada. Dengan begitu, pasanan calon baik dari partai politik (Parpol) atau koalisi parpol dan independen akan memperoleh persamaan. “Sehingga tidak ada pasangan calon yang membuat alat peraga sendiri. Atau tidak ada alat peraga kampanye yang ukurannya besar dan kecil. Semua akan disamakan bentuk dan ukurannya,” imbuhnya.

Pemasangan alat peraga kampanye nantinya dianggarkan melalui dana APBD. Tentu saja dengan aturan baru ini berbeda dari Pilkada atau Pemilihan Legislatif sebelumnya. Di mana setiap pasangan yang memiliki dana kampanye paling besar bisa memasang alat peraga kampanye di tempat strategis dan dalam jumlah banyak dan ukuran besar.

Jika pada pemilu sebelumnya ada ambang batas kemenangan 30 persen, maka pada pilkada ini dihapuskan sehingga tidak ada pemilihan putaran kedua. “Pemenangnya adalah mereka yang memperoleh suara terbanyak. Jika ada perselisihan Pilkada maka langsung diselesaikan di Mahkamah Konstitusi itupun jika selisihnya hanya satu persen,” tambahnya.

Kasdim Kendal Mayor Inf Kadarusman mengatakan jika pihaknya sudah mulai menyiapkan pengamanan Pilkada Kendal 2015. Salah satunya menyiapkan Babinsa yang ada di seluruh Kelurahan dan Desa yang ada di Kodim 0715 Kendal. Sehingga sekecil apapun potensi kericuhan bisa diantisipasi,” katanya.

Kapolres Kendal, AKBP Harryo Sugihartono mengaku siap melakukan pengamanan. Berbekal dari Pemilihan Presiden dan Pilleg 2014, pihaknya yakin Polres Kendal akan mampu menjaga kondisi Kendal selama Pilkada Kendal tetap kondusif. (bud/fth)