Ratusan Anggota TNI Lakukan Tes Urine

128

SALATIGA-Tes urine dan sosialisasi bahaya narkotika yang digelar Badan Narkotika Kota Salatiga (BNK), juga menyasar ratusan prajurit di Markas Batalyon 411 Raider Salatiga, Jumat pagi (27/2) kemarin. Hal ini sebagai langkah pencegahan dan deteksi dini penyalahgunaan narkotika di kalangan prajurit TNI.

Komandan Peleton C Raider 411, Letda Sugiyarto mengatakan bahwa pencegahan sejak dini, bisa mempersempit ruang gerak peredaran narkotika yang melibatkan oknum TNI. “Jika ditemukan ada anggota TNI yang memakai narkoba, akan diberi sanksi tegas. Di dalam TNI, mengonsumsi obat-obatan terlarang adalah hukuman berat,” katanya.

Dijelaskan, tes urine tersebut merupakan program Mabes TNI yang diberi nama Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Maka dari itu, TNI tidak bekerja sendiri, tetapi bekerjasama dengan BNK Kota Salatiga. “Kami tetap berharap, anggota kami tidak ada yang positif mengonsumsi narkoba. Karena TNI adalah contoh bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Satgas BNK Salatiga, Kandar mengatakan bahwa selain tes urine, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait bahaya narkoba dan peredaran gelap narkoba. Untuk hasil tes urine akan disampaikan beberapa hari ke depan.

“Kami belum bisa memberikan jawaban, terkait kapan hasil tes urine selesai dicek di laboratorium. Karena itu, pengumuman hasilnya nanti akan disampaikan kepada pimpinan TNI agar ditindaklanjuti. Tapi kami berharap, tidak ada pemakai dan pengedar narkoba di lingkungan TNI,” pungkasnya. (abd/ida)