Relokasi PKL Tlogosari Dianggarkan Rp 3,4 M

134

BALAI KOTA – Pemkot Semarang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,4 miliar untuk pembangunan 224 shelter pedagang kaki lima (PKL) Tlogosari di Taman Suryo Kusumo.

”Shelter tersebut untuk menampung 200 PKL Tlogosari yang berada di jembatan 1 sampai jembatan 5,” kata Kabid PKL Dinas Pasar Kota Semarang, Agus Rahmatullah, Kamis, (26/2) kemarin.

Dia membeber, setiap shelter ukuran disesuaikan dengan jenis jualan pedagang, seperti pedagang kuliner, shelter-nya berukuran 3×3 meter. Sedangkan pedagang nonkuliner ukurannya 2×3 meter. ”Untuk kuliner kita bangun sebanyak 32 shelter. Sementara nonkuliner dibangun 192 shelter,” ungkapnya.

Proses pembangunan rencananya akan dimulai bulan April 2015. Saat ini, proyek pembangunan tersebut masih dalam persiapan pelaksanaan lelang. Bulan Juli ditargetkan shelter tersebut sudah bisa ditempati.

”Mudah-mudahan awal Maret sudah bisa dilelangkan. Sehingga pada awal April sudah bisa dikerjakan. Saat ini kami juga melakukan sosialisasi kepada warga dan pedagang PKL dengan melibatkan para tokoh masyarakat. Sebab, pemindahan PKL ini terkait adanya rencana pembangunan jalan oleh Dinas Bina Marga Kota Semarang,” terangnya.

Kasi Pengaturan Dan Pengendalian PKL, Totok Wicahyanto menambahkan, pembuatan shelter tersebut nantinya juga akan difasilitasi air, penerangan, sumur, parkir mobil. ”Kalau memang masih kurang, nanti kita akan bangun (shelter) lagi. Mudah-mudahan lelang lancar,” pungkasnya. (mha/zal/ce1)