Dua Parpol Bisa Usung Calon Sendiri

138

KAJEN-Dalam perhelatan Pilkada Kabupaten Pekalongan Desember 2015 mendatang, hanya terdapat dua Partai Politik (Parpol) yang bisa mengajukan bakal calonnya. Yakni PKB dan PDIP.

Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal mengatakan bahwa bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) dalam Pilkada 2015 hanya bisa dilakukan oleh PKB dan PDIP. “Karena hanya dua parpol tersebut yang memiliki 20 persen jumlah kursi di DPRD Kabupaten Pekalongan atau 25 persen suara sah pemilu,” terangnya, Kamis (26/2) kemarin.

Rizal memaparkan, jumlah total DPRD Kabupaten Pekalongan saat ini 45 kursi dan yang memenuhi 20 persen hanya dua parpol tersebut, sehingga partai lain harus berkoalisi.

Selain berkendaraan parpol, terdapat juga calon independen. Menurut Rizal, calon independen, harus memiliki lebih dari 74 ribu fotocopy KTP sebagai bentuk dukungan atau 7,5 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Pekalongan.

Hal itu didasarkan revisi dari UU nomor 1 tahun 2015 tentang pilkada. Yakni untuk daerah dengan penduduk 500 ribu sampai dengan 1juta jiwa, calon independen setidaknya memiliki 7,5 persen bukti dukungan dari total penduduk setempat. Dengan demikian jika jumlah penduduk Kabupaten Pekalongan sekira 991 ribu jiwa, maka calon independen setidaknya memiliki lebih dari 74 ribu dukungan.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Pekalongan, Riswadi, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu proses penjaringan, sehingga belum ada nama yang muncul sebagai bakal calon bupati pada Pilkada 2015. “Proses penjaringan secepatnya akan segera digelar,” ungkapnya. (hil/ida)