TRANSFER ILMU: Gigis Hartono Tamso tak segan turun tangan langsung dalam membimbing belajar siswa-siswinya. (Aji/radar semarang)
TRANSFER ILMU: Gigis Hartono Tamso tak segan turun tangan langsung dalam membimbing belajar siswa-siswinya. (Aji/radar semarang)
TRANSFER ILMU: Gigis Hartono Tamso tak segan turun tangan langsung dalam membimbing belajar siswa-siswinya. (Aji/radar semarang)

SEMARANG – Tingginya animo pencari kerja di bidang kapal pesiar membuka persaingan baru antarlembaga pelatihan dalam menawarkan berbagai kemudahan dan keunggulanya masing-masing. Seolah tak mau tertinggal dengan kondisi terkini, Mentor College International Marine Hotel, sebuah lembaga pelatihan kapal pesiar terkemuka dan tertua di Kota Semarang semakin berbenah dan menambah berbagai fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar, yakni dengan membangun gedung baru tiga lantai.

Gigis Hartono Tamso, Direktur Mentor College mengatakan, gedung baru ini nantinya akan dilengkapi fasilitas housekeeping, bar, kitchen, dan beberapa room standar hotel kapal pesiar internasional. ”Fasilitas-fasilitas baru yang kami bangun ini harus disesuaikan dengan standar hotel di kapal pesiar internasional untuk memudahkan siswa dalam belajar,” ungkap pria yang intim disapa Gigis ini.

Salah satu ketua Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia Jawa Tengah (HILLSI) ini menambahkan, lembaganya memberikan materi pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan kerja, antara lain food knowledge, food service, beverage service dan housekeeping. Semua materi pelajaran disampaikan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa Perancis sebagai pendukung. ”Sehingga nantinya siswa setelah lulus tidak hanya pandai dalam bidang pekerjaannya tapi juga cakap dalam berkomunikasi,” terangnya.

Dengan masa belajar yang singkat, hanya 11 bulan, terdiri atas 5 bulan teori dan praktik di Mentor College serta 6 bulan training di hotel berbintang di Kota Semarang, para lulusan dijamin sudah siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Biaya pelatihan yang relatif terjangkau dan tenaga pengajar yang berpengalaman kerja di kapal pesiar keunggulan sendiri lembaga ini, sehingga menjadi referensi calon siswa dalam memilih dan menimba ilmu. ”Selain itu kami juga bekerja sama dengan agency-agency nasional dan internasional untuk menyalurkan lulusan kami bekerja di kapal pesiar terkemuka di dunia,” ujarnya.

Memasuki usianya yang ke-46 tahun 10 Februari 2015 yang lalu, lembaga pelatihan yang berkampus di Jalan Sidomukti Raya 31 Tlogosari ini juga membuka bimbingan belajar untuk siswa SD, SMP dan SMA. ”Kami tidak hanya berorientasi keuntungan semata, namun kami benar-benar ingin memfasilitasi dan menyiapkan lulusan kami untuk bersaing dan bisa bekerja sesuai keinginannya,” pungkasnya. (gie/zal/ce1)