Tidak Ada Dana Talangan

120

DEMAK – Anggaran pilkada senilai Rp 18 miliar yang sedianya akan diusulkan KPUD Demak prosedurnya tetap lewat APBD Perubahan 2015. Tanpa itu, tidak bisa direalisasikan. Persoalan wacana dana talangan yang diharapkan KPUD sulit dilakukan. Sebab, tidak ada yang memberikan dana talangan.

Wakil Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet mengatakan, DPRD akan melihat kebutuhan KPUD tersebut. “Kita lihat hitungan-hitungan KPUD bagaimana. Tentu, mengusulkan anggaran yang realistis saja. Nanti kita lihat rencana anggaran biaya (RAB) nya yang dibuat KPUD. RAB harus jelas dulu,” katanya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD lainnya, Masykuri. Dia mengatakan, anggaran pilkada akan dibahas bersama antara pemerintah, KPUD dan DPRD. Karena itu, sebelum anggaran perubahan dipenuhi, KPUD bisa menggunakan dana yang telah dianggarkan sebelumnya di APBD murni 2015 sebesar Rp 4,1 miliar. “Tidak ada dana talangan. Yang ada dulu dimanfaatkan untuk persiapan pilkada tersebut,” kata Masykuri.

Seperti diketahui, Ketua KPUD Mahmudi sebelumnya mengatakan, anggaran pilkada jika menunggu APBD Perubahan akan memakan waktu lama. Padahal, persiapan tahapan pilkada Juli sudah dimulai. Dia pun berharap ada dana talangan. Karena itu, sebelum bulan Juli nanti persoalan anggaran sudah bisa selesai. (hib/fth)