Cuaca Ekstrem Semarang Waspada Pohon Tumbang

111

MUGASSARI- Pemerintah Kota Semarang menyatakan waspada terhadap pohon tumbang yang sering terjadi pada ruas jalan di tengah kota. Tumbangnya sejumlah pohon itu sudah sering terjadi saat musim hujan seperti sekarang.

“Jumlah pohon yang tumbang mencapai puluhan. Kami tetapkan waspada agar masyarakat berahati-hati,” kata Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Kebersihan Pertamanan Kota Semarang, Budi Prakoso, kemarin.

Insiden pohon itu tumbang itu sudah menimbulkan tiga korban material dan menimbulkan satu jiwa meninggal, di antaranya di Jalan Yos Sudarso Semarang terjadi pada Sabtu 17 Januari 2015 yang menimbulkan seorang warga asal Kabupaten Puworejo meninggal. Sedangkan di jalan Pandanaran dan Hasanudin menyebabkan seorang luka dan sebuah mobil rusak parah.

Terakhir, pohon tumbang terjadi di Jalan Tri Lomba Juang, Kamis (19/2) malam kemarin, sekitar pukul 20.30. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kondisi lalu lintas sempat tersendat, karena kondisi pohon melintang di jalan.

Pedagang, Ahmad Rubianto mengatakan tidak mengetahui persis kejadian tumbangnya pohon teraebut. Menurut dirinya, hanya mendengar suara bagai petasan saat pohon tersebut tumbang.”Suaranya kretak-kretak. Lalu saya keluar dari warung saya. Ternyata pohon di seberang jalan di depan warung saya tumbang,” ungkapnya.

Ia mengaku sudah mengantisipasi adanya pohon tumbang tersebut, namun karena faktor alam dan sulitnya mendeteksi kondisi tanaman menjadi penyebab utama robohnya pohon yang ada. Selain itu ia mengakui pemerintah Kota Semarang masih kekurangan tenaga perawat tanaman khususnya pemotong pohon. (mha/zal)