KPU Jateng Klaim KSA Optimal

115

LEMPONGSARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng mengklaim bahwa koordinasi, supervisi, dan asistensi (KSA) yang dilakukan terhadap KPU daerah telah berjalan optimal. Meski tidak semua dipantau dengan cara langsung turun ke lapangan, namun kordinasi terus dilakukan secara intens.

”Mungkin dikarenakan kemarin belum ada kepastian (revisi RUU), jadi terkesan kurang maksimal. Namun, setiap minggu mereka kami undang ke sini,” ungkap Ketua KPU Jateng Joko Purnomo.

Joko mengaku supervisi yang dilakukan KPU jauh dari ideal. Pasalnya, tidak semua dilakukan dengan cara turun ke lapangan untuk memetakan masalah. Hal tersebut ditengarai karena kendala anggaran. ”Meski begitu, saya sudah cek satu per satu dan tidak ada masalah,” katanya.

Terhadap permasalahan tersebut, Joko menegaskan bahwa hal itu telah disikapi oleh KPU pusat. Selanjutnya akan dilakukan konstruksi anggaran sehingga kegiatan monitoring untuk 500 lebih kabupaten dan 34 provinsi di Indonesia dipastikan mendapat anggaran. ”Hal itu telah disepakati pada Rapimnas di Bandung awal Februari lalu,” tandasnya. (fai/aro/ce1)