MUNGKID— Pengawasan orang tua terhadap anak-anak yang baru menginjak masa remaja perlu ditingkatkan. Di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, dua pasang siswa-siswi digerebek warga saat bermesraan di semak-semak sembari menenggak minuman keras.

”Tadi pas digerebek mereka sedang berpelukan dan mesra-mesraan,” kata Tarmidi, 34, salah satu saksi mata, Senin (16/2).
Menurutnya, terbongkarnya aksi mesum keempat pelajar itu bermula ketika warga melihat dua buah motor di Lapangan Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan. Sementara pemiliknya tak diketahui keberadaannya.

”Warga kemudian berinisiatif melakukan pencarian. Ternyata benar ada dua pasang siswa-siswi SMA yang sedang bermesraan,” katanya.

Warga yang mengetahui hal itu kemudian langsung berkerumun. Mereka sempat emosi dan nyaris menghakimi pelaku. ”Menurut pengakuan sejumlah warga mereka sudah beberapa kali diketahui bermesraan di sana,” ungkap Slamet, warga lain.

Anggota Babinkamtibmas Desa Sidorejo Bripka Donny Sugiharto langsung menuju ke lokasi begitu mengetahui adanya penggerebekan warga. Masyarakat kemudian ditenangkan supaya tidak main hakim sendiri. ”Kami memberikan edukasi ke masyarakat supaya setiap ada tindakan kriminal jangan main hakim sendiri tapi diserahkan ke kepolisian,” kata Donny.

Dari hasil penyelidikan, keempat pelajar itu adalah Ta, 14, Rd, 15, Ks, 13, dan Mr, 15. Mereka berasal dari sebuah sekolah swasta di Magelang. Dari tangan mereka juga diamankan sebuah botol minuman keras.

Kasubag Humas Polres Magelang AKP Edy Sukrisna mengatakan keempat pelajar kemudian diamankan di Polsek Bandongan. Orang tua mereka kemudian dihadirkan untuk diberikan pembinaan.

”Setelah dilakukan pembinaan mereka diperbolehkan untuk pulang dan diminta menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi lagi,” tambahnya. (vie/ton)