Produksi Meningkat Lima Kali Lipat

117

SEMARANG – Menjelang valentine, permintaan cokelat melonjak drastis. Tak melulu yang berwujud kotak lonjong atau yang biasa disebut bar. Hari kasih sayang atau valentine memang identik dengan cokelat. Momen ini bisa dibilang musim panennya para produsen cokelat. Apa pun jenis dan bentuk yang ditawarkan, pasti laris manis diborong para remaja untuk memberikan kejutan bagi gebetan mereka.

Euforia itulah yang membuat Ika Marlina, Pengelola Roemah Coklat keteteran memenuhi kebutuhan pasar. Sejak Januari lalu, dia bersama 16 karyawannya telah menghabiskan sekitar 500 kg cokelat atau lima kali lipat dibanding hari biasa. “Yang paling banyak dicari adalah choco talk. Kemasan yang berisi cokelat kotak-kotak kecil dengan tulisan dan membentuk rangkaian kata. Costumer berhak merangkai hingga menjadi kalimat yang dianggap cocok mengungkapkan isi hati untuk pasangan mereka,” ungkapnya.

Soal harga, tergantung jumlah kotak cokelat yang dipakai. Untuk yang jumlahnya 12, hanya dipatok Rp 50 ribu. Sementara yang paling besar, berisi 34 kotak, bisa sampai Rp 140 ribu. Choco talk tidak hanya mengutamakan penampilan romantis khas selera anak muda yang sedang dirundung asmara. Jenis ini pun tidak mengesampingkan rasa. Selain memadukan susu dengan white dan dark chocolate, masing-masing kotak diisi aneka pilihan rasa. Sebut saja krim cokelat, tiramisu, kopi, rum, atau kacang-kacangan. “Tidak hanya para remaja. Banyak juga pemesan dari kalangan instansi atau keluarga muda yang ingin berpartisipasi dalam nuansa romantisme valentine,” tutur Ika.

Tahun ini, lanjutnya, parsel cokelat mulai banyak dinikmati. Selain ringkas, tren baru ini dirasa tampil lebih elegan. Ya, dalam satu kemasan, bisa berisi beberapa item. Bukan hanya cokelat. Biskuit, boneka, hingga bunga bisa diikutsertakan tergantung selera pembeli.

Jika belum ada ide soal kemasan, Roemah Coklat sudah memberikan beberapa template yang berisi satu set pernik khas valentine. Harga mulai dari Rp 50-350 ribu tergantung itemnya. “Parsel valentine mulai banyak dicari. Tahun ini, kira-kira 50 persen dari total costumer memilih yang model parsel,” jelasnya.

Beberapa pilihan cokelat yang kecil-kecil juga laris manis. Seperti loli choco, praline chocolate, cokelat koin, dan 40 varian lain yang tersedia di Roemah Coklat. Harganya beragam. Mulai dari Rp 6 ribu hingga ratusan ribu tergantung bobot cokelat. (mg16/ric)