Pemkab Diminta Revisi Anggaran

160
KUNKER: Ketua Bawaslu RI Muhammad saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Bawaslu Jateng, kemarin. (Istimewa)
KUNKER: Ketua Bawaslu RI Muhammad saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Bawaslu Jateng, kemarin. (Istimewa)
KUNKER: Ketua Bawaslu RI Muhammad saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Bawaslu Jateng, kemarin. (Istimewa)

SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengingatkan kepada seluruh Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota untuk bersiap menyambut penyelenggaraan pilkada serentak. Salah satu poin krusial yang menjadi perhatian adalah terkait kepuasan kinerja Penyelenggara Pemilu dalam menyelenggarakan Pemilu.

”Ini adalah momentum sekaligus kepercayaan yang harus dijaga untuk mengawal kematangan demokrasi semakin hari semakin baik,” ujar Ketua Bawaslu RI, Muhammad di sela kunjungan kerjanya ke Jateng, kemarin.

Dia menyampaikan tentang pentingnya keterlibatan pemerintah daerah yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah, untuk memfasilitasi dan menyukseskan pilkada yang akan datang. ”Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemprov yang telah mengawal Penyelenggaraan Pemilu baik Pemilu Legislatif maupun Pilpres Tahun 2014 yang lalu dengan sangat baik sehingga tercapai Pemilu yang demokratis, lancar dan aman,” tambahnya.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah Abhan Misbach menyampaikan persiapan yang telah dilakukan pihaknya diantaranya Pembentukan Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Bupati dan Wali Kota di 16 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pilkada. Terkait dengan hal tersebut dukungan Anggaran dan Sumber Daya Manusia juga sangat penting. ”Kami (Bawaslu Jateng) masih membutuhkan Kasubbag untuk meningkatkan kinerja, selama ini Bawaslu Jateng dalam periode Pemilu Legislatif Tahun 2014 dan Pilpres Tahun 2014 hanya di-support oleh Kepala Sekretariat tanpa dibantu oleh Kasubbag sesuai dengan tugas dan fungsi pokoknya,” tambah Abhan.

Terkait dengan hal tersebut Bawaslu Jawa Tengah telah berkoordinasi dengan Setda Provinsi Jawa Tengah dan akan dipenuhi untuk pengisian Kasubbag. Dari sisi anggaran di 16 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati/Wali Kota terdapat 2 (dua) Kabupaten yang anggarannya masih minim yakni Kabupaten Rembang sebesar Rp 1 miliar dan Kabupaten Blora Rp 1,5 miliar. ”Berkenaan dengan itu kami mohon agar Pemprov mengimbau kepada Pemkab Rembang dan Blora untuk merevisi anggaran yang masih minimal tersebut,” paparnya. (ric/ce1)