Pembatalan Tiket Dikembalikan 100 persen

163

SEMARANG – Banjir yang melanda Jakarta, tak pelak membuat beberapa moda transportasi terganggu. Salah satu yang perusahaan penyedia jasa transportasi yang dirugikan adalah PT KAI.

Banjir, membuat PT KAI memberlakukan aturan pengembalian tiket bagi penumpang yang terkena dampak banjir dengan jurusan Jakarta, akan mendapatkan ganti rugi penuh dari KAI. Padahal biasanya pembatalan tiket harus dikenai potongan sebesar 25 persen. “Aturan ini hanya khusus penumpang keberangkatan wilayah Daop I Jakarta yang terkena dampak banjir secara langsung. Pembatalan bisa dilakuka maksimal 3X24 jam setelah jadwal keberangkatan kereta api,” kata Manager Humas Daop IV Suprapto, kemarin.

Pembatalan tiket ini sendiri, di Kota Semarang terdapat di Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang Semarang dengan syarat tiket belum divalidasi boarding, tiket tidak terdapat tanda berupa tiket belum divalidasi boarding, tiket tidak terdapat tanda berupa coretan atau berlubang terperiksa oleh pemeriksa tiket. “Bea tiket dikembalikan 100 persen dari harga tiket diluar bea pesan secara tunai,” ujarnya.

Dalam membatalkan tiket secara manual, lanjutnya, harus diberi keterangan batal berangkat akibat banjir. Menurut dia, peraturan ini berlaku untuk keberangkatan kereta api menuju Daop I Jakarta ketika terjadi banjir. “Saat ini semua kereta api jurusan Jakarta berhenti di Stasiun Jatinegara lantaran stasiun Gambir dan pasar Senen masih tergenang. Untuk saat ini hanya berlaku pada hari ini saja (kemarin, Red) . kemungkinan peraturan ini akan kembali dipakai jika banjir kembali terjadi,” tandasnya. (den/smu)