Jalan Mulus, Laka Meningkat

136

DEMAK – Jalan di wilayah Demak yang rata-rata sudah dalam kondisi mulus justru membuat pengendara sepeda motor maupun mobil kebut-kebutan. Tak ayal, keselamatan mereka pun terabaikan. Dalam beberapa hari terakhir misalnya, tercatat ada lima kejadian lakalantas yang terjadi dibeberapa ruas jalan di Demak. Diantaranya lakalantas di jalan raya Desa Katonsari Kecamatan Demak Kota, KM 22 Semarang – Kudus. Kecelakaan ini melibatkan antara Isuzu mikro bus nopol AD 1265 LD dengan Toyota Kijang Inova nopol R 1002 QS.

Peristiwa bermula ketika Isuzu meluncur dari arah Semarang menuju ke arah Kudus. Sesampainya dilokasi kejadian, kendaraan tersebut berjalan kurang hati-hati dan kurang waspada terhadap kendaraan yang ada didepannya. Saat mendahului kendaraan tak dikenal, Isuzu langsung menabrak Kijang Inova yang berada searah didepanya.

Lakalantas juga terjadi di jalan raya Trengguli Kecamatan Wonosalam. Laka melibatkan antara sepeda motor Beat nopol H 2479 AJ dengan Vario nopol H 5782 ZE. Semula Beat berjalan dari arah Semarang menuju kearah Demak. Karena pengendara kurang hati-hati akhirnya tabrakan terjadi. Lakalantas juga terjadi di jalan Desa Boyolali, Kecamatan Gajah. Lakalantas terjadi antara motor Suzuki Nex R 4382 NM dengan motor Yamaha Mio H 6455YJ. Karena kurang hati-hati, Suzuki Nex terserempet kendaraan dibelakangnya.

Kejadian serupa dialami kendaraan Honda CB 150 nopol H 6962 NJ dengan Toyota Inova L 777 AA dan Honda CRV K 8118 VC di jalan Sultan Fatah, tepatnya di pertigaan Bogorame, Kelurahan Mangunjiwan, Demak Kota. Di jalan raya Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah laka melibatkan antara Honda Beat nopol H 5485 YJ dengan mobil tak dikenal. Motor diseruduk dari belakang. Dari beberapa lakalantas ini, tidak ada korban jiwa.

Kapolres Demak, AKBP Raden Setijo Nugroho melalui Kasubag Humas AKP Zamroni mengatakan, dilihat dari lakalantas yang terjadi itu rata-rata akibat ketidakhati-hatian pengendara. Mereka hendak menyalip namun tidak memperhatikan kendaraan didepannya. Atau pengendara mau berbelok tapi tidak tahu kondisi sekitarnya. “Kami berharap, para pengendara makin berhati-hati dalam mengendarai kendaraan mereka. Jangan sampai terjadi lakalantas,”ingatnya. (hib/fth)