Investor Tiongkok Siap Turun

135

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan banyak pihak yang tertarik untuk mengembangkan bisnis dan investasi di Jawa Tengah. Salah satunya adalah dari negeri Tiongkok yang ingin mengembangkan power plant dan kawasan industri.

”Hal ini menarik karena kalau izin diberikan, kemudian lahan bisa didapat dengan cepat mereka akan serta-merta mengerjakannya. Karena mereka sudah siap semuanya,” ujarnya kepada Radar Semarang, Selasa (10/2).

Ganjar menjelaskan, ini baru langkah awal yang ditempuh oleh investor dari negeri tirai bambu itu. Oleh karenanya, ia meminta investor tersebut untuk mempersiapkan administrasi dan juga teknis pelaksanaannya. Sementara pihaknya akan mengomunikasikan terlebih dahulu dengan pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan juga Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD). ”Mereka juga menyatakan kesiapannya untuk merelokasi pabrik ke Jawa Tengah,” imbuhnya.

Hal yang tak kalah penting adalah melakukan komunikasi dengan beberapa Bupati/Wali Kota di provinsi ini yang menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama. Saat ini, yang baru dilakukan komunikasi adalah dengan Kabupaten Cilacap karena pembangunan PLTU harus dibangun di daerah pinggir pantai. ”Adapun pembangunan kawasan industri dapat dilakukan di mana saja,” terang Ganjar yang mengaku butuh 2-3 tahun untuk menyelesaikannya. (fai/ric/ce1)