AHMAD FASIHOL/RADAR SEMARANG
AHMAD FASIHOL/RADAR SEMARANG
AHMAD FASIHOL/RADAR SEMARANG

BELAJAR dari pengalaman berorganisasi menjadi hal yang penting bagi Arum Manggistin dalam menghadapi dunia kerja. Terutama, dalam menghadapi masalah dengan klien yang membutuhkan waktu cepat dalam menangani masalah.

”Organisasi sangat penting dalam mendewasakan diri dan membangun jaringan. Kebetulan saya ikut teater saat kuliah, dan kini manfaatnya sangat terasa. Ada sebagian yang bisa diaplikasikan saat menghadapi masalah dengan orang lain,” jelas alumnus Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini kepada Radar Semarang.

Gadis yang akrab disapa Manggis itu kini bekerja sebagai Relationship Manager di salah satu perusahaan jasa. Hal tersebut tentu membutuhkan komunikasi yang bagus dengan para klien. Beruntung ketika berteater, ia telah belajar membaca karakter orang. Sehingga dapat mengetahui bagaimana pembicaraan yang dibutuhkan saat memberikan solusi.

”Teater itu tidak hanya belajar akting, dan tata ruang. Tapi kepekaan kita terhadap lingkungan dan permasalahan. Dari situlah, kita akan menjadi percaya diri dalam menghadapi tantangan,” kata dara kelahiran Purwodadi, 12 September 1988 ini.

Selain keahlian dalam berkomunikasi, lanjut Manggis, manfaat dari belajar teater adalah menjaga mood agar tetap baik. Sehingga dapat terus menjaga penampilan agar tetap prima meski kadang hati merasa lelah dan butuh istirahat.

”Ketika ada klien yang marah, kita masih bisa menahan diri karena mental kita pernah ditempa dalam bermain drama,” imbuh jebolan Teater Emka Undip ini.

Wanita yang juga gemar nonton bola ini mengakui banyak manfaat yang didapat dari berorganisasi. Tidak hanya dari teater saja, tetapi juga dari organisasi yang lain. Selain dapat menempa mental dan pikiran, juga memberikan bekal yang kelak bermanfaat di dunia kerja. ”Berorganisasi dapat mendewasakan kita,” tandasnya. (fai/aro/ce1)