63.325 Rumah Segera Teraliri Listrik

153
KERJA KERAS: Sebanyak 1.000 orang petugas PLN disiapkan untuk melakukan pemasagan listrik baru ke 63.325 rumah calon pelanggan yang sebelumnya masuk daftar tunggu. (IST)
KERJA KERAS: Sebanyak 1.000  orang petugas PLN disiapkan untuk melakukan pemasagan listrik baru ke 63.325 rumah calon pelanggan yang sebelumnya masuk daftar tunggu. (IST)
KERJA KERAS: Sebanyak 1.000 orang petugas PLN disiapkan untuk melakukan pemasagan listrik baru ke 63.325 rumah calon pelanggan yang sebelumnya masuk daftar tunggu. (IST)

SEMARANG – Setelah menunggu cukup lama, sebanyak 63.325 calon pelanggan listrik di Jateng dan DIY dapat bernafas lega karena rumahnya akan segera teraliri listrik. Guna mengaliri listrik untuk calon pelanggan tersebut. PT PLN Distribusi Jateng-DIY menyiapkan dana Rp 40 miliar untuk membeli material dan bahan pendukung lainya.

Deputi Maager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jateng-DIY, Supriyono mengungkapkan, puluhan ribu calon pelanggan ini sebelumnya masuk daftar tunggu tahun 2014. Untuk menyambungkan listrik ke 63.325 calon pelanggan baru ini, PLN mengerahkan sebanyak seribu petugas untuk segera menyelesaikannya mulai 9-13 Februari.

Dijelaskan, dari 63.325 calon pelanggan baru ini, terbanyak di Surakarta dengan jumlah 11.600 pelanggan lebih disusul DIY 10.592 calon pelanggan, Tegal 9.932 calon pelanggan dan Semarang 6.315 pelanggan. Lamanya calon pelanggan mendapat sambungan baru, lanjut Supriyono dikarenakan banyak faktor di antaranya, area lahan tidak memiliki jaringan, sehingga harus menunggu pembangunan jaringan baru atau perluasan jaringan dari PT PLN. “Selain itu juga karena travo di wilayah terebut sudah over, sehingga tidak mampu untk menambah daya, jadi perlu antisipasi dengan menambah travo baru,” tandasnya.

Disebutkan, jumlah pelanggan PT PLN rata-rata tumbuh 10 persen pertahun, bahan saat ini jumlah pelanggan sudah mencapai 9,7 juta pelanggan. Dari jumlah tersebut 90 persen merupakan pelanggan rumah tangga dan sisanya pelanggan industri.

Jumlah pelanggan PL , lanjut Supriyono, 90 persen merupakan pelanggan pasca bayar, sedangkan 10 persen merupakan pelangan pra bayar. “Ke depan pelanggan lebih diarahkan ke pelanggan pra bayar. Jadi 63.325 calon pelanggan baru ini nantinya meter listrik yang dipasang adalah meter digital atau pra bayar,” tambahnya. (tya/smu)