Salurkan 56 Ekor Kambing

187

DEMAK – Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Pemkab Demak dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kementerian Agama Demak, kemarin, menyalurkan 56 ekor kambing untuk fakir miskin yang tersebar di 14 kecamatan, kecuali Kecamatan Mijen. Sebelumnya, pada tahap pertama juga telah disalurkan 30 ekor kambing.

Kepala Kemenag Demak, M Thobiq mengungkapkan, penyerahan zakat produktif tersebut untuk kaum dhuafa, utamanya yang menjadi anggota majlis pengajian di desa. Ini dilakukan supaya pengembangan kambing tersebut terpantau. “Kambing yang sudah diberikan tidak boleh dijual. Kalau ada yang sakit bisa langsung dilaporkan kepada para penyuluh di masing-masing KUA disetiap kecamatan,”katanya saat ditemui di kantornya, kemarin.

Koordinator UPZ Kemenag, Ali Sugiyanto menambahkan, bantuan kambing sifatnya bergulir. Kalau sudah beranak, maka induk kambing gantian diberikan ke orang yang berhak lainnya. “Jadi, para penyuluh sebelumnya telah survey siapa saja yang berhak menerima bantuan ini,” katanya.

Ketua Bazad Demak, Eko Pringgolaksito mengatakan, ada 28 kepala keluarga (KK) yang memperoleh kambing dari Bazda dan UPZ Kemenag tersebut. “Kambing ini diberi makanan rumput kering dengan diolah fermentasi sehingga tidak bau,”katanya. Selain membantu kambing, sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan dari Baznas pusat ke Desa Pamongan Kecamatan Guntur dan Desa Jatisono, Kecamatan Gajah. (hib/fth)