MUNGKID— Pengurus baru kesebelasan Persikama Kabupaten Magelang mulai bekerja. Salah satu program yang akan dilaksanakan adalah pembinaan pesepakbola muda melalui turnamen kelompok usia.
Ketua Ascab Kabupaten Magelang Gunawan mengatakan, turnamen digelar untuk Usia-10, U-12 dan U-14. Kegiatan akan dilaksanakan di lapangan drh Soepardi mulai 9-19 Februari mendatang. ”Untuk pesertanya, hanya SSB di Kabupaten Magelang,” katanya, Selasa (3/2).
Gunawan mengatakan turnamen ini sebagai salah satu upayanya melakukan pembinaan terhadap pesepakbola muda. Diharapkan bibit-bibit berkualitas akan dilahirkan dari setiap kompetisi yang digelar. ”Turnamen kali ini kami mengusung tema football for happinest atau sepakbola untuk kesenangan. Sedang tujuan utamanya adalah untuk memotivasi dan menggairahkan persepakbolaan di wilayah ini. Untuk tujuan lainnya, tentu dalam rangka mencari bibit unggul,” katanya.
Untuk teknis pelaksanaannya, kata Gunawan, U-10 dan U-12 akan dilaksanakan selama dua hari yakni Minggu (15/2) dan Kamis (19/2). Sedang U-14, akan dilaksanakan selama seminggu penuh mulai 9-16 Februari. ”Khusus U-14, hanya dilaksanakan setiap sore hari. Sedang U-10 dan U-12, hanya dilaksanakan sehari penuh. Sementara baik U-10, U-12 dan U-14, semuanya menggunakan sistem gugur,” lanjutnya.
Menurutnya, total peserta ada 32 SSB. Meliputi U-10 ada 9 SSB, diantaranya Muntilan United (MU), Graha Inovasi dari Grabag, Tunas Salam, Putra Matahari dan Putra Palapa. Untuk U-12, ada 13 SSB. Di antaranya Putra Palapa, PKM, Garuda Tama, Graha Inovasi dan Star Ngluwar. Sedang untuk U-14, ada 10 SSB. Antara lain, Graha Iinovasi, MU, Adiraga Putra dan Garuda Muda. ”Turnamen antar-SSB ini akan memperebutkan piala dan uang pembinaan dari Ascab,” jelasnya. (vie/ton)